Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Wisuda, Awal Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Bagikan
Wisuda, Awal Pengabdian Kepada Masyarakat

Prosesi Wisuda Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode Oktober 2022 (Foto: Humas UAD)

Sabtu, 29 Oktober 2022, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Sidang Terbuka Senat UAD dengan agenda Wisuda Sarjana Terapan dan Sarjana Magister. Dalam acara tersebut, Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor menyampaikan bahwa wisuda kali ini istimewa karena jumlah wisudawan lebih banyak dibanding dengan periode sebelumnya.

“Saat ini wisuda diikuti sebanyak 2.218 wisudawan yang terdiri atas 2.106 lulusan program sarjana, 11 lulusan program sarjana terapan, dan 101 dari sarjana magister. Karena banyaknya jumlah wisudawan, maka wisuda ini kami bagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang menjelang sore,” paparnya.

“Selain jumlah wisudawan terbanyak, keistimewaan hari ini yaitu UAD mampu meluluskan Sarjana Kedokteran pertama kali setelah 4 tahun lamanya Program Studi Kedokteran itu berdiri. Harapannya lulusan tersebut dapat melanjutkan profesinya di UAD kembali,” tambahnya.

Wisuda berlangsung secara blended, sebanyak 60 wisudawan membersamai melalui platform Zoom Meeting dan wisudawan lainnya mengikuti secara luring di Amphitarium Kampus IV UAD. Pelaksanaan wisuda secara luring lebih ditekankan dengan tujuan agar keluarga wisudawan dapat menikmati dan mengetahui Kampus UAD secara langsung sehingga memberikan kesan tersendiri dalam menghadiri prosesi wisuda tersebut.

Wisuda merupakan bukti awal pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diperoleh. Dinamika masyarakat yang terus berkembang, dilengkapi dengan kemampuan adaptasi yang baik maka dapat menjadi peluang keterampilan yang kini dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri.

Berkaitan dengan itu, Muchlas menyampaikan bahwa pengalaman merupakan pelajaran berharga. Untuk mencapai titik sekarang ini tidak terlepas dari kegigihan, kesabaran, dan juga perjuangan orang tua, keluarga, maupun bapak/ibu dosen yang telah mengantarkan wisudawan menyandang gelar sarjana dan magister. Setelah ini, wisudawan akan berkiprah dalam masyarakat dan berperan secara signifikan menjadi bagian dari kepemimpinan lokal, regional, bahkan internasional.

“Harapannya lulusan UAD yang sudah dibekali dengan keterampilan dan nilai-nilai keislaman, dapat menjadi contoh teladan bagi lingkungan di mana pun nantinya berkiprah. Selain itu juga mampu menjunjung tinggi nama baik almameter UAD dengan mengamalkan ilmu secara produktif sehingga bermanfaat bagi semuanya,” tambahnya.

Di akhir sambutan, Rektor UAD menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu wisudawan yang telah mempercayakan UAD untuk mendidik putra-putrinya. “Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu, semoga pencapaian ini dapat menambah kebahagiaan keluarga dan sebagai jalur kesuksesan ananda. Dan pada hari ini saya kembalikan ananda ke pangkuan Bapak/Ibu sekalian.”

“Saya juga memohon maaf apabila selama proses pendidikan masih ada kekurangan. Kami terus meminta dukungan dan doa Bapak/Ibu sekalian agar UAD dapat terus berkembang menjadi perguruan tinggi besar, maju, unggul, profesional, dan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, umat, bangsa, juga negara,” tutupnya. (ela)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan