Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

UAD Press Siap Jadi Penerbit yang Progresif

  • Bagikan
UAD Press Siap Jadi Penerbit yang Progresif

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) oleh BSNP bekerja sama dengan LSP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

UAD Press merupakan salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan bergerak di bidang percetakan. Dalam kurun waktu 1 tahun terhitung sejak 2021, mereka telah menerbitkan 156 judul buku ber-ISBN cetak. Sebanyak 141 buku ditulis oleh dosen dan peneliti di UAD, sementara 17 lainnya merupakan karya dari luar sivitas akademika UAD. Untuk total keseluruhan, hingga kini UAD Press telah menerbitkan 338 buku ber-ISBN.

Berbagai kegiatan juga digelar oleh UAD Press untuk menunjang kinerja mereka. Pada 11-08-2021, mereka mengadakan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) sebagai bentuk kerja sama antara Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UAD. Tidak hanya itu, Bimbingan Teknis Penulisan Buku Ajar juga dihelat oleh UAD Press pada 29‒30 September 2021 dengan menghadirkan pemateri Prof. Dr. Wahyu, Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum., Budi Ashari, S.Ag., M.A., Hatib Rahmawan, M.Ag., serta Bambang Trimansyah.

Sementara pada 22-02-2022, UAD Press menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku yang ditujukan untuk guru SMP Muhammadiyah se-DIY. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta. Perlu diketahui juga bahwa UAD Press menjalin kerja sama dengan Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sejak 2 Juni 2021. Kerja sama ini telah sukses menghasilkan 2 buku yaitu Tajdid Muhammadiyah dan Nalar Negara dalam Muhammadiyah.

Kemudian pada 22‒25 September 2022, UAD Press berkesempatan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APPTIMA) yang ke-2. Bertempat di Amphitarium Gedung Utama Kampus IV UAD, para perwakilan dari masing-masing PTMA se-Indonesia hadir dalam kegiatan tersebut. UAD Press juga aktif terlibat dalam Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI). Sebelumnya, musyawarah kerja nasional yang digelar oleh APPTI di Politeknik Negeri Media Kreatif (26-11-2021) pun turut dihadiri oleh UAD Press.

Paling terkini, UAD Press baru saja mengadakan Festival Buku Kampus (FesBuk) di Kampus IV UAD pada 17‒22 Oktober 2022. Acara ini merupakan bentuk kerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DIY. UAD berhasil mendapatkan amanah untuk menjadi tuan rumah pertama gelaran tersebut.

Dalam rangka menyambut Muktamar ke-48, UAD Press telah menerbitkan beberapa judul buku terbaru. Tiga di antaranya merupakan hasil sayembara penulisan buku, yaitu Ngenger, Muhammadiyah Kiri, dan Haji Misbach yang Terlupakan. Sedangkan buku-buku lainnya yaitu Darul Ahdi Wa Syahadah, Sejarah IMM, Dakwah Muhammadiyah dalam Masyarakat Digital: Peluang dan Tantangan, Ahlussunah wal Jamaah Bid’ah Khurafat, dan Menertibkan Muhammadiyah.

Selain itu, UAD Press bekerja sama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah untuk mengembangkan aplikasi BukuMu. Aplikasi ini dirancang sebagai sebuah buku digital yang mudah digunakan kapan dan di mana saja. Rencananya, BukuMu akan diluncurkan pada 17 November 2022 di Muktamar. Melalui berbagai inovasi yang telah dilakukan, UAD Press siap melangkah menjadi penerbit yang progresif. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan