Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Tim PPM UAD Ajak Lansia Lebih Peduli Lingkungan Hidup

  • Bagikan
Tim PPM UAD Ajak Lansia Lebih Peduli Lingkungan Hidup

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ajak lansia lebih peduli lingkungan hidup (Foto: Istimewa)

Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) memberikan model pendidikan lingkungan hidup bagi para lansia di Kemantren Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap pada bulan Juli‒Oktober 2022 dan diikuti oleh 7 keluruhan di kemantren setempat, tiap kelurahan diwakili oleh 3 lansia.

Tim diketuai oleh Dr. Indah Nur Shanty Saleh, S.H., M.Hum. dan beranggotakan Bita Gadsia Spaltani, S.H., M.H. serta Kurnia Dewi Anggraeny, S.H., M.H. Tiga mahasiswa yaitu Danang Rizky Fadila Amanta, Muhammad Yusron, dan Aliz Zulis Al Hurni, juga turut terlibat dalam pengabdian ini.

Materi pendidikan lingkungan hidup diberikan kepada para lansia sesuai dengan kapasitas dan tingkatan usia mereka. Dengan metode internalisasi yang tepat, diharapkan mampu memberikan hasil terbaik bagi peningkatan kapasitas lansia dalam melaksanakan peran sebagai warga negara di ranah perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Bersama pemerintah dan unsur masyarakat lainnya, diharapkan mereka dapat lebih berdaya untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, khususnya di wilayah Umbulharjo.

Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si. selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh tim PPM UAD ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mengelola lingkungan hidup menjadi lebih baik lagi. “Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut di kemudian hari dan semua pihak dapat selalu bersinergi dengan masyarakat,” terang Rajwan.

Sementara itu, Indah selaku ketua tim juga menuturkan bahwa kerja sama dalam bentuk pengabdian antara FH UAD dengan Kemantren Umbulharjo merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para lansia terkait lingkungan hidup, problematikanya, dan pentingnya penegakan hukum,” tandas Indah.

Selain penyampaian materi, tim juga menyerahkan bibit tanaman buah-buahan kepada perwakilan peserta dari masing-masing kelurahan agar nantinya dapat ditanam dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan hidup. Di samping itu, tim UAD juga melakukan kunjungan ke bank sampah yang dikelola oleh salah satu peserta sebagai wujud aksi nyata peduli lingkungan. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan