Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Tim PPM UAD Adakan Pelatihan Batik Ecoprint di Kalurahan Wareng

  • Bagikan
Tim PPM UAD Adakan Pelatihan Batik Ecoprint di Kalurahan Wareng

Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Pelatihan Batik Ecoprint di Kalurahan Wareng, Wonosari (Foto: Istimewa)

Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) mengadakan Pelatihan Batik Ecoprint di Kalurahan Wareng, Wonosari, pada Minggu, 16 Oktober 2022. Kegiatan ini menyasar ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi, Singkar 1, Wareng.

Tim diketuai oleh Phisca Aditya Rosyady, S.Si., M.Sc. dan beranggotakan Safinta Nurindra Rahmadhia, S.Si., M.Sc. serta Dr. Novi Febrianti, S.Si., M.Si. Rangkaian kegiatan pengabdian telah dilakukan sejak tiga tahun terakhir dan berfokus untuk mewujudkan Kalurahan Wareng sebagai Edu Wisata Herbal.

Salah satu potensi yang dimiliki oleh Kalurahan Wareng adalah tanaman empon-empon yang ditanam sendiri oleh warga dan diolah untuk produksi jamu herbal. Pelatihan ini merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalkan potensi tersebut melalui batik ecoprint. Hadir sebagai narasumber yaitu Wahyuni, seorang praktisi batik, yang memberikan teori dan pendampingan praktik secara langsung.

Ecoprint merupakan proses memberi motif pada kain dengan mencetak (print) unsur-unsur tanaman. Selain dedaunan, bisa juga dari bunga atau kulit kayu. Dalam kegiatan ini, kami memanfaatkan unsur-unsur dari tanaman pekarangan warga,” jelas Phisca.

Etik Ismiyati selaku ketua KWT Srikandi mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Kedua pihak sama-sama berharap melalui pembekalan keterampilan batik ecoprint ini dapat membuka peluang peningkatan taraf ekonomi warga setempat. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan