Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Tahun Ini, 7 Dosen UPI Dapat Pendanaan Program Kedaireka Miliaran

  • Bagikan
Tahun Ini, 7 Dosen UPI Dapat Pendanaan Program Kedaireka Miliaran

Program Kedaireka Kedaireka Kemendikbud mendorong inovasi dan perubahan UPI

News Schmu, BANDUNG—Program Matching Fund Kedaireka UPI Dorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang Lebih Baik. Menurut Kabag Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada tahun 2022, ada 45 usulan yang diajukan dosen UPI. Namun yang lolos dibiayai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul. “Total nilai dana yang diperoleh sebesar Rp 2.163.547.616,00,” kata Prof Deni, Rabu (28/9/2022).

Pada tahun 2022, kata dia, sebanyak 7 dosen mengajukan proposal yang lolos seleksi dan mendapat dana dari Program Dana Pendamping Kedaireka Tahun 2022. Sedangkan pada tahun 2021, kata dia, UPI berhasil lolos seleksi dan memperoleh pendanaan program Dana Pendamping Kedaireka dengan 4 proposal dari 6 proposal yang diajukan dengan total dana Rp 8.419.161.000.

Deni menjelaskan, pada tahun 2021 ia merupakan dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan yang lolos seleksi dan mendapatkan dana dari Program Dana Pendamping Kedaireka dengan judul VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) yang memberikan manfaat langsung.

Padahal, kata dia, dapat berdampak luas bagi masyarakat di Jawa Barat maupun masyarakat di Indonesia untuk mewujudkan tujuan dan fungsi pendidikan nasional.

Sebab, kata dia, riset inovasi dan kolaborasi VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) TVUPI telah diterbitkan Garuda TV di channel 32 UHF, Frekuensi 562 Mhz yang ditayangkan setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 19.00.

Selain itu, kata dia, VCDLN TVUPI ini telah menghasilkan lebih dari 100 sistem video pembelajaran, aplikasi dan produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi, kualitas dan kesejahteraan guru sebagai mitra pembuat konten serta bermanfaat bagi orang tua dan siswa SD. , SMP, SMA/ SMK Terutama dalam memberikan pendidikan alternatif, pembelajaran dan pembelajaran jarak jauh yang dapat diakses secara gratis tanpa kuota internet bagi masyarakat setelah kembali ke sekolah.

Menurutnya, program Dana Pendamping Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) telah mendorong inovasi dan perubahan di lingkungan UPI yang adaptif dan responsif dalam rangka percepatan , peningkatan dan penguatan daya saing sumber daya manusia, tata kelola kelembagaan dan dampak . nyata di lingkungan masyarakat.

Selain itu, kata dia, Kedaireka Program Matching Fund mendorong terbentuknya ekosistem kerjasama yang lebih erat dan terakselerasi antara perguruan tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta media untuk mengembangkan konektivitas dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dana pendamping Kedaireka ini untuk membuka platform kolaborasi agar proses invensi, inovasi, dapat bergerak lebih cepat menjadi sebuah produk yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Selain itu, dana pendamping Kedaireka diprioritaskan untuk kemitraan yang diharapkan berdampak pada 8 IKU di Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

-->


Sumber:
Republika Online

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan