oleh

5 Prospek Kerja Paling Menjanjikan untuk Lulusan Sastra Arab

news.schmu.id : Prospek Kerja Sastra Arab, banyak sekali yang berfikir prospek kerja dari jurusan ini sangatlah kecil, padahal pernyataan tersebut sangatlah tidak tepat. Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa anda dapatkan dari lulusan sastra arab loh.

Baca Juga : Bergaji Tinggi, Ini Nominal Gaji Lulusan Sastra Belanda Capai Rp36 Juta

Tahukah anda bahwa bahasa arab merupakan salah satu bahasa resmi PBB yang dipakai setiap pertemuan antar pemerintah dalam pembuatan dokumen. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang besar bagi seorang lulusan Sastra Arab juga.

Prospek Kerja Sastra Arab

Dilansir dari Quipper Campus, berikut prospek kerja beserta gaji yang bisa anda dapatkan dari jurusan Sastra Arab :

1. Pemandu Wisata (Tour Guide)

Seorang dari lulusan sastra arab bisa juga menjadi seorang pemandu wisata di Arab Saudi juga loh. Peluang pekerjaan ini sangatlah besar dikarenakan mengingat banyaknya orang dari berbagai macam negara pasti mengunjungi arab saudi termasuk juga masyarakat Indonesia.

Dari pekerjaan ini kalian akan menghasilkan uang dan bisa jalan–jalan gratis loh. Gaji yang akan didapatkan sebesar Rp4 juta–Rp7 juta. Penghasilan tersebut bisa saja jauh lebih besar tergantung berapa banyak job yang kamu dapatkan.

2. Penerjemah Lisan (Interpreter)

Taukah anda bahwa translator dan Interpreter merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda, banyak sekali yang mengatakan bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sama. Tugas dari seorang interpreter yaitu, menerjemahkan bahasa secara lisan dan langsung terhadap orang yang dituju agar memahami suaru percakapan. Dari pekerjaan ini, anda akan menghasilkan gaji yang cukup besar loh, penghasilan yang anda dapatkan sebesar Rp5 juta–Rp7 juta per bulannya.

3. Penerjemah Tulisan (Translator)

Seorang yang lulusan sastra pasti bisa menjadi seorang penerjemah tulisan (translator), tugas utama dari translator adalah menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik dan sebagainya.

Peluang menghasilkan uang di sini cukup besar apa lagi banyak sekali karya sastra arab yang bisa anda terjemahkan, gaji yang diperoleh seorang translator sebesar Rp4 juta–Rp6 juta, di sini juga anda harus memiliki Sertifikat Nasional Himpunan Penerjemah Indonesia (SNHPI).

4. Tenaga Pendidik

Jurusan Sastra Arab bisa juga memiliki peluang untuk menjadi seorang guru di sekolah swasta maupun negeri, apalagi di Indonesia peluang menjadi guru bahasa arab sangatlah besar dikarenakan Indonesia yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia. Gaji yang didapatkan oleh seorang guru dari lulusan sastra arab yaitu sebesar Rp3,5 juta– Rp4,5 juta per bulan. Jumlah tersebut bisa saja berbeda tergantung dengan tempat kerja yang anda tempati

5. Penulis (Content Writer)

Peluang pekerjaan yang bisa anda dapatkan dari sastra arab berikutnya ialah menjadi seorang penulis, di sini anda bisa menulis tentang hal–hal yang berbau timur tengah atau kebudayaan arab.

Gaji yang dihasilkan dari seorang penulis yaitu dari seberapa besar penjualan buku yang telah berhasil terjual.  Semakin banyaknya buku tersebut terjual maka semakin besar penghasilan yang didapatkan dari seorang content writer.

Banyak sekali prospek kerja yang akan didapatkan dari jurusan sastra arab, jenis dan jenjang kariernya sangat banyak variasinya. Gaji seorang fresh graduate dari jurusan sastra arab ini cukup lumayan. Penghasilan akan terus meningkat dengan seiringnya pengalaman dan kemampuan yang sudah dia dapatkan sebelumnya.

Sumber : sindonews.com

Komentar

News Feed