oleh

10 Prospek Pekerjaan bagi Mahasiswa Lulusan Ilmu Komunikasi, Nomor 4 Paling Keren

news.schmu.id : Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Ilmu komunikasi menjadi salah satu program studi terfavorit yang dituju calon mahasiswa Indonesia. Hampir seluruh perguruan tinggi membuka program studi yang terbagi menjadi beberapa konsentrasi seperti jurnalistik, public relation, periklanan dan sebagainya.

Masuk ke jurusan ilmu komunikasi bisa dibilang butuh persiapan matang sebab tingkat keketatan masuk ke jurusan ini juga termasuk tinggi.

Baca Juga : 5 Prospek Kerja Paling Menjanjikan untuk Lulusan Sastra Arab

Selain itu salah satu yang mendasari populernya jurusan ini adalah perkembangan zaman yang serba digital juga membutuhkan mahasiswa lulusan ilmu komunikasi yang mumpuni untuk diterima di berbagai perusahaan.

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu komunikasi di Indonesia seperti:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Padjajaran
  5. Bina Nusantara University
  6. London School of Public Relation, dan masih banyak lagi kampus yang membuka jurusan yang memiliki prospek kerja luas dan menjanjikan ini.

Melansir laman aplikasi pendaftaran kuliah Gokampus di gokampus.com, Senin (1/11/2021), belajar di jurusan Ilmu Komunikasi itu juga akan mengasah berbagai kemampuan yang bisa menunjang profesi di masa depan.

Seperti kemampuan untuk berbicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir efektif dan juga kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Berikut ini ada 10 prospek pekerjaan dari ilmu komunikasi yang bisa dijadikan referensi para mahasiswa ilmu komunikasi setelah resmi lulus nanti:

1. Sutradara Film

Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama yang bisa menjadi pilihan adalah menjadi sutradara film. Sutradara bisa menjadi profesi yang ditekuni mengingat industri perfilman terus menjadi hits. Dengan kemampuan yang dimiliki, mahasiswa ilmu komunikasi bisa merangkai skenario dan cerita dalam membuat film atau iklan maupun tayangan lainnya.

Khususnya jika saat kuliah mengambil konsentrasi Broadcasting, pasti sudah memiliki teori-teori dasar yang bisa dimanfaatkan ketika menjadi sutradara.

2. Camera Person

Yang kedua adalah menjadi seorang camera person atau yang biasa disebut dengan cameraman. Bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi jurnalistik atau bidang broadcasting pasti sudah belajar banyak hal tentang pengambilan gambar di televisi. Tidak hanya memproduksi sebuah liputan berita, namun seluk beluk media lainnya.

3. Fotografer

Prospek kerja ilmu komunikasi yang ketiga adalah bekerja menjadi seorang fotografer. Tentunya sebagai sarjana ilmu komunikasi, dunia fotografi pasti sudah tidak asing lagi untuk dibahas.

4. Jurnalis atau wartawan

Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah menjadi seorang jurnalis atau wartawan di media baik itu cetak maupun online. Yang penting skill yang harus dimiliki adalah skill menulis, berbicara, dan beradaptasi dengan banyak orang.

5. Penyiar radio

Prospek kerja ilmu komunikasi yang selanjutnya adalah menjadi seorang penyiar radio. Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi yang menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan selalu up to date dengan peristiwa yang sedang terjadi di Indonesia saat ini.

6. Penulis

Prospek kerja ilmu komunikasi yang selanjutnya adalah menjadi seorang penulis. Tentunya kemampuan dalam merangkai kata menjadi tuntutan di profesi ini. Kamu bisa berprofesi sebagai penulis yang informatif misalnya seperti menulis sebuah artikel di blog atau media atau juga bisa menjadi penulis buku

7. Public relations

Menjadi seorang public relations atau yang biasa dikenal dengan bidang Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu profesi yang cukup dicari oleh sarjana komunikasi. Banyak organisasi/perusahaan yang membutuhkan tenaga Humas atau Public Relation (PR), begitu juga instansi pemerintah. Lulusan Humas juga dapat berkarir di bidang event organizer, konsultan kehumasan, MC, dan sebagainya.

8. Bidang advertising

Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini adalah bekerja di bidang advertising atau periklanan. Khususnya seiring dengan perkembangan zaman saat ini pastinya seorang pembuat atau penyedia iklan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar iklan tersebut bisa tertarik dengan iklan tersebut. Kemampuan komunikasi di bidang advertising inilah yang bisa diasah di dunia kerja.

9. Start-up atau Perusahaan

Sebagai lulusan ilmu komunikasi, bekerja di perusahaan atau di startup juga bisa menjadi prospek. Hal ini dikarenakan prospek kerja ilmu komunikasi bisa mengisi bidang-bidang pekerjaan tertentu yang dibutuhkan di perusahaan/startup tersebut. Misalnya, untuk menjadi copywriter atau tim campaign specialist.

10. Content Creator

Prospek kerja ilmu komunikasi yang terakhir adalah menjadi seorang content creator. Khususnya di industri 4.0 saat ini, dengan berkembang media sosial seperti YouTube, podcast, dan platform-platform lain yang bisa digunakan untuk membuat konten, sehingga peluang untuk menjadi seorang content creator sangat terbuka lebar.

Sumber : sindonews.com

Komentar

News Feed