Keren, 3 Siswa Bogor Dapat Program Pra Kedokteran dari Sarjana Harvard, Bagaimana Bisa Ikut?

Edu News:: 3 Bogor Dapat Program Pra Kedokteran dari Sarjana Harvard. Sebanyak tiga siswa SMP di Bogor diundang ke program pra-medis dari organisasi yang dikelola oleh para sarjana Harvard disebut Harvard Student Agencies (HSA) dan komunitas Learn with Leaders. Program ini akan dilakukan secara online pada September 2021.

Program Pra Kedokteran Sarjana Harvard

Program Pra Kedokteran Sarjana Harvard
Program Pra Kedokteran Sarjana Harvard

Ketiga mahasiswa tersebut bernama Abiyusyah Haidar Rainier, Olivier Basuki, dan Giovanna Anneliese Santoro. Ketiganya merupakan siswa SMP di Sekolah Raya Bogor.

Studi pra-medis ini merupakan salah satu bentuk kuliah kedokteran. Jadi, tujuannya agar mahasiswa yang lulus mengetahui realita saat belajar di lapangan.

Agenda bertajuk Future Doctors Program ini nantinya akan mengajarkan berbagai materi dalam perkuliahan kedokteran. Haidar misalnya, dia akan belajar tentang hormon, genetika, imunologi, dan sebagainya.

Ibunda Haidar, Alfa Meutia, saat dihubungi detikEdu, Sabtu (9/4/2021) mengatakan, salah satu faktor Haidar mendapatkan materi itu karena ketertarikan anaknya. Dalam proses wawancara dengan Learn with Leaders, Haidar menyebutkan bahwa ia cenderung ke mata pelajaran biologi, matematika, dan kimia.

Namun, Meutia menekankan bahwa ini tidak berarti bahwa Haidar akan masuk kedokteran nanti Harvard. Sebaliknya, ini adalah bentuk tanggung jawab anaknya yang nantinya ingin menjadi dokter.

Secara terpisah, Senin (9/6/2021) Kepala SMPN Bogor Raya Andri Nurcahyani menyatakan hal senada. Ia mengatakan bahwa para siswa ini adalah remaja dengan tujuan yang jelas.

Shinta Irmayanti, guru Biologi ketiganya, mengatakan bahwa Haidar ingin menjadi ahli bedah toraks dan kardiovaskular. Sementara itu, Olivier tertarik pada diskusi tentang penyakit serta permesinan dan Giovanna ingin menjadi perawat.

Program Dokter Masa Depan

Bagaimana saya bisa bergabung dengan Program Dokter Masa Depan?

Seperti disebutkan sebelumnya, program ini dilakukan oleh Learn with Leaders dan HSAs. Sementara itu, HSA adalah organisasi yang dijalankan oleh para sarjana Harvard yang memiliki visi untuk memperkenalkan pengalaman akademik kepada mahasiswa dari seluruh dunia.

Andri menjelaskan, dirinya awalnya menghadiri pertemuan dengan prinsipal dari berbagai negara pada 25 April 2021. Kegiatan ini merupakan inisiasi Learn with Leaders.

Dari sana, lembaga ini menawarkan banyak program internasional untuk siswa. “Mereka sangat ingin menghubungkan mahasiswa dengan universitas, agar mahasiswa lebih siap menghadapi kehidupan perkuliahannya nanti,” kata Andri.

Setelah dirinya dan koordinator program internasional di sekolahnya, Chris England menawarkan kesempatan ini kepada para siswa, cerpen ada Haidar, Olivier, dan Giovanna yang berhasil lulus. Mereka dinyatakan lulus setelah mengikuti seleksi administrasi dan wawancara.

Namun, Andri menjelaskan bahwa tidak ada persyaratan khusus yang ia berlakukan mengenai siapa saja mahasiswa yang berhak mengikuti program ini. Asal memiliki tujuan yang jelas, keinginan yang kuat, dan kepedulian terhadap isu-isu global.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran?

Rangkaian faktor ini juga didukung oleh kemampuan bahasa Inggris dan kepemimpinan dari ketiganya. Andri juga menegaskan bahwa program ini tidak seperti olimpiade, sehingga tidak ada persiapan khusus bagi para siswa.

Nantinya, ketiga mahasiswa tersebut akan mendapatkan paparan langsung dari para ulama Harvard ini juga akan berbagi pengalaman mereka dengan teman-temannya.

Terkini