oleh

Yuk Daftar! Program MSIB untuk Mahasiswa Vokasi, Banyak Benefitnya

News.schmu.id, Pendidikan : Yuk Daftar! Program MSIB untuk Mahasiswa Vokasi, Banyak Benefitnya. Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) kembali hadir. Selain irTU Program Magang dan Studi Independen #MSIB Batch 2 ini terbuka bagi 25.000 mahasiswa. Bahkan tahun ini, kuotanya diperbanyak dibandingkan tahun lalu.

Jika kamu tertarik ikut program ini, buruan daftar karena program ini akan ditutup pada 14 Januari 2022. Para mahasiswa tentunya bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang belajar langsung di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan dibimbing langsung oleh mentor profesional.

Program MSIB untuk Mahasiswa Vokasi

Selain itu, mahasiswa yang ikut MSIB juga berkesempatan mendapatkan uang saku dan sertifikat magang juga. Merangkum dari akun Instagram Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (9/1/2022), mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah mahasiswa minimal semester 4 (program D3) dan minimal semester 5 (program D4) di bawah naungan Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Ini 12 Program Kampus Merdeka, Banyak Manfaatnya untuk Mahasiswa

Pelaksanaan MSIB ini membantu perguruan tinggi dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang optimal. Program MSIB sangat membantu perguruan tinggi mencapai IKU 1 (lulusan mendapat pekerjaan yang layak) dan IKU 2 (mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus).

Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi antara lain:

  1. Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak
  2. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.
  3. Dosen berkegiatan di luar kampus.
  4. Praktisi mengajar di dalam kampus.
  5. Hasil kerja dosen digunakan masyarakat.
  6. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia.
  7. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif.
  8. Program studi berstandar internasional.

Manfaat Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Pelaksanaan program MSIB ini tentu mendatangkan banyak manfaat baik bagi mahasiswa maupun pelaku industri.  Manfaat bagi pelaku industri seperti Management Traineeship yang didanai pemerintah: mahasiswa akan didanai oleh Kemendikbud Ristek untuk bekerja full time.

Talent scouting untuk mencari talenta dari perguruan tinggi: pelaku indutri bebas memilih mahasiswa yang diterima. Sedangkan manfaat bagi mahasiswa yakni membangun keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca Juga: 5 Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa untuk Meniti Karier

Sertifikat industri (microcredentials) yang diakui pemerintah, perguruan tinggi dan dunia kerja untuk karier di masa depan. Belajar praktik terbaik langsung dari organisasi kelas dunia.

Jika kamu tertarik mendaftar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), berikut link pendaftaran untuk Studi Independen Bersertifikat https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen. Dan tautan untuk program Magang Bersertifikat di link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang.

Source: kompas.com

Komentar

News Feed