Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Profil Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo)

  • Bagikan
Profil Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo)

EduPedia: Profil Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo). Universitas Muhammadiyah Palopo merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Saat ini Universitas Muhammadiyah Palopo memiliki 3 Fakultas, Program Diploma (D3), dan Program Pascasarjana Magister (S2).

Profil Universitas Muhammadiyah Palopo

 

profil Universitas Muhammadiyah Palopo.
Logo Universitas Muhammadiyah Palopo

Berikut Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Palopo:

A. Visi

“UM Palopo sebagai Socio-Technopreneur University yang Unggul dan Islami”

B. Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkesinambungan dan sesuai dengan dinamika zaman;
2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif untuk menunjang pembangunan dan pengembangan Iptek serta dapat meningkatkan publikasi ilmiah dan HAKI;
3. Menyelenggarakan pengabdian untuk menunjang pembangunan dan pengembangan Iptek serta meningkatkan publikasi ilmiah dan citra UM. Palopo;
4. Menjadikan Al-Islam Kemuhammadiyahan sebagai basis nilai dalam setiap aktivitas civitas akademika.
5. Mengembangkan kualitas tata kelola yang baik (good university governance) sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis;
6. Mengembangkan usaha yang berkaitan dengan core bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo yang dapat meningkatkan revenue dan jiwa Technopreneur.

Sejarah UM Palopo

Perguruan tinggi pertama terbentuk pada saat itu yaitu Kampus STIE Muhammadiyah Palopo yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Muhammadiyah Palopo, masyarakat biasa menyebutnya dengan STIEM Palopo yang terbentuk pada 9 Agustus 1986 atas dasar rekomendasi dari Koordinator Kopertis Wilayah IX dengan Nomor 344 Tahun 1986.

Dengan melihat kemajuan STIEM Palopo, salah satu pimpinan Muhammadiyah Palopo yaitu dr. H. Abubakar Malinta, S.Ked merintis satu perguruan tinggi swasta yang berupa akademik kebidanan Muhammadiyah yang disingkat menjadi Akbid Muhammadiyah Palopo pada 3 Agustus 2006 dengan Nomor SK PT 2625DT2008 dan tanggal SK yaitu SK PT 11 Agustus 2008.

Sehingga pada tanggal 30 Desember 2016 STKIP Muhammadiyah Palopo resmi berdiri dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 203/KPT/I/2015. Yang juga ditetapkannya 30 Desember 2016 sebagai sebagai hari Milad STKIP Muhammadiyah Palopo. Penandatanganan Prasasti peresmian dilakukan oleh Prof. Dr.H. Suyatno, M.Pd. selaku ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 29 Maret 2016 bertepatan dengan Pembukaan Musyawarah Daerah Ke-03 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Palopo.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan dari ketiga perguruan tinggi Muhammadiyah Palopo maka berdasarkan hasil diskusi dan keinginan dari seluruh dosen, mahasiswa dan juga dukungan penuh Persyarikatan Muhammadiyah maka ketiga perguruan tinggi tersebut ingin melebur menjadi satu menjadi Universitas Muhammadiyah Palopo.

Dengan melihat segala potensi yang dimiliki oleh Tiga Perguruan Tinggi serta dukungan dari sumber daya dan aspek-aspek yang lain maka motivasi untuk melebur ketiga perguruan tinggi menjadi satu yaitu Universitas Muhammadiyah Palopo maka semua komponen Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Dr. M. Tahmid Nur, M.Ag. Selaku Ketua dan H. Jabbar Hamseng Selaku Ketua BPH PTM Palopo serta seluruh unsur pimpinan perguruan tinggi mengadakan rapat pembentukan panitia pendirian Universitas Muhammadiyah Palopo.

Dan berikut nama-nama panitia tim pendiri Universitas Muhammadiyah Palopo Dr. Salju, SE., MM. Sebagai Ketua pendiri, Dr. Sapar, SE., M.Si. Sebagai Sekretaris dan Dr. Hadi Pajarianto, S.Pd.I., M.Pd.I. sebagai Wakil Sekretaris serta Tim Borang. Tim ini bekerja semaksimal mungkin sehingga proses perintisannya pun berjalan dengan baik dan tidak memakan waktu yang begitu lama.

Pada tanggal 18 Februari 2019, ketiga perguruan tinggi Muhammadiyah Palopo resmi melebur dan menjadi Universitas Muhammadiyah Palopo yang ditandai dengan terbitnya SK Nomor : 112/KPT/I/2019. Bersamaan dengan terbitnya SK tersebut, maka Universitas Muhammadiyah Palopo juga resmi menambah beberapa program studi sarjana yaitu Farmasi, Ilmu Kelautan, Penyuluh Pertanian dan program studi pascasarjana Magister Manajemen.

Pimpinan UM Palopo

1. Rektor: Dr. Salju., S.E., M.M
2. Wakil Rektor I: Dr. Sapar., S.E., M.Si
3. Wakil Rektor II: Dr. Hadi Pajarianto, S.Pd.I., M.Pd.I
4. Wakil Rektor III: Dr. H. Suhardi M. Anwar, Drs., M.M.

Baca Juga: Profil Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang)

Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Palopo

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S1 Ekonomi Pembangunan

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • S1 Bimbingan Konseling
  • S1 Pendidikan Jasmani
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

3. Fakultas Kesehatan Pertanian dan Kelautan

  • D3 Kebidanan
  • S1 Farmasi
  • S1 Penyuluh Pertanian
  • S1 Ilmu Kelautan

4. Program Pascasarjana

  • S2 Manajemen

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO (UM Palopo)
Alamat: Jl. Jendral Sudirman Km. 3, Kota Palopo, Sulawesi Selatan
Telepon: (0471) 327429
Fax: (0471) 327429
Email: institusi@umpalopo.ac.id
Website: umpalopo.ac.id

Video Profil Universitas Muhammadiyah Palopo

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan