Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Prodi Kebidanan Unisa Yogya Lakukan Screening Kesehatan Mental di TPST Piyungan

  • Bagikan
Prodi Kebidanan Unisa Yogya Lakukan Screening Kesehatan Mental di TPST Piyungan

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta bekerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di komunitas pemulung Mardiko TPST Piyungan. Kegiatan ini dilangsungkan pada hari Kamis, 10 November 2022 dalam rangkaian menyemarakkan muktamar Muhammadiyah ke-48.

            “ Komunitas pemulung Mardiko TPST Piyungan merupakan salah satu komunitas yang perlu mendapatkan perhatian lebih terkait dengan kesehatan dikarenakan aktifitasnya yang bersinggungan langsung dengan pengelolaan sampah. Kami dari UNISA Yogyakarta bekerjasama dengan MPM PP Muhammadiyah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah dan asam urat serta screening kesehatan mental.” Hal ini disampaikan oleh Ibu Dwi Ernawati, M.Keb. dan Bu Luluk Khusnul Dwihestie, M.Kes sebagai tim kesehatan yang bertugas. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, diikuti oleh lebih dari 200 orang pemulung di TPST Mardiko Piyungan. “Pemeriksaan kesehatan ini diselenggarakan secara gratis, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaksanakan upaya preventif dan kuratif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa sejumlah 4 orang dari Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, yaitu Reza Vebi Arisma, Ai Rahmawati Dewi, Khintan Ivanka Chintia Dwie Putri, dan Reiza Irja Meylani, agar memberikan pengalaman kapada mahasiswa dalam mengelola masyarakat dalam kegiatan di komunitas” jelas Luluk Khusnul Dwihestie, M.Kes.

Hasil pemeriksaan kesehatan, didapatkan kadar kolesterol, gula darah, dan asam urat dari sebagian masyarakat termasuk dalam kategori tidak normal. Pada kegiatan ini, hasil pemeriksaan kesehatan telah di dokumentasikan pada lembar pemeriksaan yang dibawa pulang oleh peserta. Tim pengabdian juga melakukan cek tekanan darah serta penyuluhan kesehatan. Masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini. Hal ini menandakan bahwa masyarakat juga ingin mengetahui kesehatan dirinya.

Artikel Prodi Kebidanan Unisa Yogya Lakukan Screening Kesehatan Mental di TPST Piyungan pertama kali tampil pada Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Unisa Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan