Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Persada UAD Jalin Kerja Sama dengan IAIN Metro Lampung

  • Bagikan
Persada UAD Jalin Kerja Sama dengan IAIN Metro Lampung

Persada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jalin Kerja Sama dengan IAIN Metro Lampung (Foto: Istimewa)

Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (Persada) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan IAIN Metro, Lampung, pada Rabu, 09-11-2022. Bertempat di Perpustakaan UAD, rombongan IAIN Metro disambut baik oleh Badan Pengurus Harian (BPH) Persada UAD.

Selain menjalin kerja sama, pihak IAIN Metro juga hendak mengkaji terkait kepesantrenan terutama dalam hal pembinaan mahasiswa. Mustakim selaku Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Metro menjelaskan bahwa sejauh ini kampusnya baru mengadakan program Ma’had Al-Jami’ah. “Program tersebut juga masih terbatas diperuntukkan bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP,” imbuhnya.

Hal serupa ditegaskan oleh Rektor IAIN Metro Dr. Siti Nurjannah, M.Ag. bahwa pendirian Ma’had Al-Jami’ah merupakan mandatori dari Kementerian Agama bagi perguruan tinggi keagamaan Islam secara nasional. “Dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan pondok pesantren di sekitar kampus yang radiusnya tidak terlalu jauh,” terang Siti.

Persada UAD merupakan salah satu inspirasi bagi IAIN Metro dalam hal kepesantrenan, terutama bidang media dan IT yang dimiliki Persada. Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa Persada memberikan andil besar dalam pengembangan pesantren di sana. Oleh karena itu, IAIN Metro berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dan bermitra dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia, tanpa terkecuali UAD.

Budi Jaya Putra, S.Th.I., M.H. selaku Wakil Mudir Persada menekankan bahwa salah satu hal yang dilakukan oleh Persada dalam membina santri di kurun waktu 1 tahun atau 2 semester adalah ibarat memberi kail dan pancing. “Selebihnya, kembali pada inovasi, kreativitas, usaha, serta minat santri sendiri untuk dapat mengembangkan potensi mereka,” tandas Budi. Harapannya, kerja sama ini dapat menghasilkan kolaborasi yang positif, saling menimba ilmu, dan dapat diterapkan di kampus masing-masing. (tsa/dyn)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan