Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Pendidikan Matematika UAD Adakan Kuliah Perdana Isu-Isu Penelitian Pendidikan Terkini

  • Bagikan
Pendidikan Matematika UAD Adakan Kuliah Perdana Isu-Isu Penelitian Pendidikan Terkini

Dr. Muhammad Noor Kholid, S.Pd., M.Pd., pembicara pada acara Kuliah Perdana oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Farida)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kuliah perdana dengan tajuk “Isu-Isu Penelitian Pendidikan Matematika Terkini” pada Sabtu, 24 September 2022. Acara diselenggarakan secara luring bertempat di Aula Masjid Islamic Center UAD dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pendidikan Matematika UAD. Hadir sebagai pemateri Dr. Muhammad Noor Kholid, S.Pd., M.Pd., yang merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uswatun Khasanah, S.Si., M.Sc., selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini harapannya penelitian mahasiswa nantinya dapat berkembang. Tentunya tidak hanya berdasarkan isu-isu dari penelitian mahasiswa terdahulu, sehingga penelitian mahasiswa bisa berkolaborasi dengan dosen dan memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat.

Masuk tema bahasan, Muhammad menyampaikan isu-isu penelitian yang saat ini bisa dilakukan seperti tema learning and innovation skills; information, media, and technology skills; dan life and career skills. Learning and innovation skills, yakni mengenai membedakan siswa yang siap menghadapi kehidupan dan lingkungan kerja yang lebih kompleks di abad ke-21 serta memfokuskan pada 4C (creativity, critical thinking, communication, dan collaboration).

Information, media, and technology skill, membahas tentang abad ke-21 yang dipenuhi oleh teknologi dan media ditandai dengan akses ke informasi yang berlimpah, perubahan yang cepat dalam alat teknologi, serta kemampuan untuk berkolaborasi dan memberikan kontribusi individu pada hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kemudian life and career skills, membahas kemampuan untuk menavigasi kehidupan yang kompleks dan lingkungan kerja di era informasi yang kompetitif secara global.

“Sebuah ide penelitian itu berawal dari sesuatu yang sangat sederhana terjadi di sekitar kita, tetapi jika hasilnya dikemas dengan bagus maka akan sangat baik juga. Banyak ilmu matematika yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Inovasi dalam penelitian sangat diperlukan agar penelitiannya terbarui,” papar Muhammad.

Lebih lanjut, ia menjelaskan menggali ide tema penelitian dapat dilakukan dengan melihat tren, melihat ketertarikan tema dosen (akun GD/Sinta), dan mengikuti tema penelitian payung. Jangan lupa untuk mendalami sudut pandang penelitian pada tujuan atau pertanyaan penelitian, yaitu dengan mengamati, meniru, dan memodifikasi atau kebaruan.

Terakhir, ia berpesan, “Membuat skripsi sebaiknya sederhana saja, jangan menyusahkan diri sendiri. Sederhana dalam arti harus tetap memiliki kebaruan.” (frd)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan