Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Peer Konseling Kreatif Seni Visual untuk Mengatasi Perundungan

  • Bagikan
Peer Konseling Kreatif Seni Visual untuk Mengatasi Perundungan

Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) beri pelatihan peer konseling kreatif menggunakan seni visual di SMP Muhammadiyah (Foto: Istimewa)

Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) memberikan pelatihan peer konseling kreatif menggunakan seni visual untuk mengatasi perundungan di SMP Muhammadiyah wilayah Bantul. Kegiatan dilakukan secara bertahap mulai dari penyuluhan, pelatihan, pendampingan, hingga brainstorming pada 7‒8 September 2022 dan 21‒22 September 2022.

Perundungan merupakan fenomena yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental masyarakat dan memengaruhi anak-anak serta remaja secara global. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat keempat dalam kasus kekerasan anak di dunia pendidikan. Hal ini memberikan banyak dampak dalam aspek kehidupan seperti kecemasan, depresi, peningkatan risiko melukai diri sendiri, percobaan bunuh diri, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi problematika tersebut, perlu ada tindakan strategis guna menghadirkan lingkungan pendidikan ramah anak. Pelaksanaan konseling menggunakan media seni kreatif dipilih sebagai alternatif dengan tujuan untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan yang sulit untuk diungkapkan hanya dengan komunikasi verbal biasa, terutama dalam mengatasi perundungan.

Adapun dalam hal ini, siswa yang teridentifikasi memiliki perilaku perundungan akan diberikan intervensi agar dapat mengatasi permasalahannya. Subjek yang dilibatkan dalam proses pelatihan tersebut adalah siswa SMP Muhammadiyah di wilayah Bantul dengan modalitas materi seni visual berupa Dunia Baruku, Sort Your Heart, Body of Sense, dan Nilai Reaksimu. Melalui pelatihan itu, diharapkan siswa dapat menjadi agen dalam menekan angka perundungan di sekolah serta menyusun rencana strategis guna menanggulangi hal tersebut. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan