Muhammadiyah Kirim Tenaga Medis Ke Mamaju Sulbar

news.schmu.id, Gempa Mamuju: Muhammadiyah Kirim Tenaga Medis Khusus ke Mamuju. Pasca gempa 6,2 skala Richter yang melanda Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021, Muhammadiyah mengirimkan Tim Medis Darurat Nasional (EMT) ke Sulawesi Barat.

Tim yang tergabung dalam MDMC ini bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan bagi korban gempa di Mamuju dan sekitarnya.

Muhammadiyah Kirim Tenaga Medis

Muhammadiyah Kirim Tim Medis Khusus ke Mamuju
Muhammadiyah Kirim Tim Medis Khusus ke Mamuju

Seperti diketahui dari gempa, beberapa fasilitas kesehatan utama di Sulawesi Barat, khususnya Mamuju, mengalami kerusakan cukup parah. Itu terjadi antara lain di RSUD Kabupaten Mamuju yang rusak parah. RS Mitra Manakarra bahkan roboh total dan Puskesmas Ulumanda Kabupaten Majene yang juga rusak parah.

Tim terdiri dari 19 orang dengan komposisi 3 dokter spesialis, 3 dokter umum, 4 perawat, 1 surveilace, 1 logistik medis, 2 logistik umum, dan 5 dokter junior. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Makassar, Luwu, Padang, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Ketua tim adalah dr. Joko, SpAn. Dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Ketua Pelaksana EMT Muhammadiyah Corona Rintawan dalam keterangannya mengatakan, pengiriman EMT merupakan komitmen Muhammadiyah untuk selalu ada membantu masyarakat jika terjadi bencana. Meski pandemi Covid-19 dan Muhammadiyah saat ini terlibat aktif dalam penanganannya.

“Gempa Majene terjadi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat penyebarannya. Ini tantangan terbesar dalam penanganan tanggap bencana yang pernah kami lakukan, bagaimana melaksanakan tanggap darurat dengan tetap menegakkan protokol kesehatan baik untuk interceptors maupun volunteer, ”ujarnya.

Corona menambahkan, tim dan logistik medis saat ini sedang dalam proses pemindahan ke Mamuju dan diharapkan tiba di sana pada Selasa (18/01). Di Mamuju, tim ini akan bergabung dengan relawan Muhammadiyah setempat dan juga dari Makassar dan Palu yang sudah tiba lebih awal. Dalam menjalankan tugasnya, tim akan berkoordinasi dengan puskesmas untuk menyelenggarakan pelayanan bagi warga.

silahkan baca: Gempa Sulawesi Barat Muhammadiyah Gerak Cepat

Bersamaan dengan pengiriman EMT, Muhammadiyah melalui MDMC Jawa Tengah juga mengirimkan 10 relawan SAR ke Mamuju. Tim yang bernama Tim Alfa akan bertugas membantu pelaksanaan tanggap darurat gempa bumi Majene selama 14 hari ke depan. (Tim Media MDMC PP Muhammadiyah).

Sumber: suaramuhammadiyah.id

Komentar