Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Menuju UM Surabaya Kampus Riset

  • Bagikan
Menuju UM Surabaya Kampus Riset

Pusat Pengkajian Pengembangan Masyarakat Islam (P3MI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya resmi di Launching pada hari Ahad, 9 Oktober 2022 di Aula Fakultas Kedokteran UMSurabaya oleh Dr. M. Ridlwan, M.Pd (Warek 1 UMSurabaya).

Lauching P3MI berbarengan dengan dua agenda yaitu agenda Orientasi Pendidikan (ORDIK) Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UMSurabaya Tahun Akademik 2022-2023.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 95 Mahasiswa baru dari tiga Program Studi yaitu S2 Prodi Pendidikan Islam, S2 Prodi Hukum Ekonomi Islam, dan S2 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

Kegiatan Ordik dihadiri Dr. M.Ridlwan, .M.Pd (Warek 1), Prof. Dr. Abd. Hadi, MAg (Direktur Pascasarjana), Dr. Sholihul Huda, M.Fil.I (Sekretaris Direktur Pascasarjana), Kaprodi HES (Dr. Isma Sdwajaua, M.M), Kaprodi PI (Dr. Arfan Muammar, M.Pd.I, Kaprodi PBSI (Dr. Ali Nuke, M.Si).

Agenda kedua yaitu Seminar Nasional Pra Muktamar Muhammadiyah ke 48, dengan narasumber Prof Najib Burhani, M.A, M.Sc, Ph.D (Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah dan Ketua Organisasi Riset BRIN) dengan mengambil tema “Arah Pengembangan Keilmuan Muhammadiyah Era Kontemporer”.

Dalam kegiatan tersebut, Prof Dr. Abd. Hadi selaku Direktur Pascasarjana mengatakan, kegiatan Ordik tahun ini sangat sepesial karena di padu dengan tiga kegiatan sekaligus, yaitu Ordik Maba, Lauching P3MI dan Seminar Nasional Pra Muktamar Muhammadiyah ke 48. Selain itu, Dia mengucapakan Selamat datang dan berpesan kepada para Mahasiswa Baru untuk segera adaptasi dengan lingkungan akademik Pascasarjana, terutama merubah pola pikir dari berfikir apa menuju berfikir mengapa?”

Sambutan dilanjutkan oleh, Dr. Ridlwan selaku Warek 1, menyambut sangat antusias dengan adanya Pusat Pengkajian P3MI di lingkungan Pascasarjana. Dengan adanya P3MI dapat menjadi wadah riset dan inovasi bagi para dosen Pascasarjana UMSurabaya, sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi pengembangan dan tradisi keilmuan di kampus UMsurabaya maupun masy Islam secara keseluruhan. Dan mengucapkan selamat datang Mahasiswa Baru Pascasarjana semoga kerasan dan rapat waktu menyelesaikan studi S2 nya”.

Adapun terkait pusat Studi P3MI Pascasarjana UMSurabaya dijelaskan oleh Sekretaris Direktur Dr. Sholihul Huda, M.Fil.I, untuk kepengurusan Direktur Eksekutif P3MI Dr. Hambal Shafwan, M.Pd.I lulusan Yaman, untuk Direktur Riset dan Kajian Dr. Sholihul Huda, M.Fil.I, Direktur Publikasi dan Networking Dr. Warsidi, MM, Direktur Advokasi dan Knowledge Manajemen Dr. Fazlurrahman Hadi, M.Pd.I, Direktur Pengembangan Masyarakat Dr. Luluk Latifah M.E.

Visi P3MI adalah terwujudnya kehidupan yang inklusif-moderat berdasarkan nilai keislaman- Keindonesiaan- Kemanusiaan melalui kajian dan pengembangan masyarakat Islam.

Adapun program P3MI adalah, publikasi ilmiah, kolaborasi riset internasional, Education Moderation in Indonesia (EMI), Qoryah Thoyibah (Qoribah) dan Muhammadiyah Studies.

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan