Mensos Risma Renovasi Rumah Lansia Di Bangkalan Yang Rawat 4 Disabilitas | Viral Pencerahan

Mensos Risma Renovasi Rumah Lansia Di Bangkalan Yang Rawat 4 Disabilitas | Viral Pencerahan
Gambar diambil dari dokumen Kementerian Sosial RI

KlikMU CO-BANGKALAN (5 Agustus 2022) — Ekspresi rasa bahagia yang bercampur aduk tersirat di wajah Tipatma (64), wajahnya bergetar sesaat, kelopak matanya mulai berkaca-kaca.

Warga Desa Klapayan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, tak percaya, hari ini gubuk terpencil mereka mendadak ramai didatangi tamu. Di antara para tamu, ternyata Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Ada tamu kelas menteri, tak terbayangkan bagi orang tua dengan 3 anak dan 1 cucu ini. Apalagi, Mensos datang dengan berbagai bantuan. “Kami akan memperbaiki rumah ini, Bu. Nanti kita akan bekerja sama dengan warga untuk memperbaikinya,” kata Mensos Risma kepada Tipatma.

“_Mator sakalangkong_ (terima kasih Pak Menteri,” kata Tipatma dengan linglung.

Mensos mengatakan setelah datang ke Desa Klapayan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, ia melihat sendiri rumah Tipatma berukuran 3×6 meter dengan dinding tebal dan lantai rendah.

Di hadapan Tipatma, Menteri Sosial meminta Kepala Stasiun Margolaras Pati Jiwaningsih segera berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk menghitung kebutuhan anggaran renovasi rumah.

Seperti diketahui, Tipatma tinggal bersama 3 anak cacat dan 1 cucu di sebuah gedek dan memiliki lantai dasar 3 x 6 meter.

Sejak kecil, rumah tidak banyak berubah, memasak pun masih menggunakan tungku kayu. Tidur hanya di atas tikar dan tempat tidur sederhana yang terbuat dari bambu.

Sebagai orang tua, Tipatma sangat mencintai anak-anaknya apapun situasinya. “Saya ikhlas merawat mereka, dari kecil hingga dewasa, saya bahkan merawat cucu-cucu saya,” ujarnya.

Ia pun mengaku tak gentar menghadapi kesulitan. Ia percaya bahwa rezeki selalu ada. “Allah pasti akan memberikan rezeki meski harus sedikit bersyukur,” ujarnya.

Tipatma merawat 4 anggota keluarga yang cacat. Ketiga putrinya, Tijeh (47 tahun), Kulsum (34 tahun) dan Toyyibeh (32 tahun) mengalami tunarungu dan tuna wicara sejak usia 1 tahun.

Sedangkan 1 cucu Tipatma yang merupakan putra Tijeh, Musarrofah (30 tahun) menderita lumpuh otak sejak kecil.

Tipatma bekerja setiap hari menggembalakan ternak dan bertani. Untuk makanan sehari-hari, ia biasanya dibantu oleh kerabat dan tetangganya. Suami sudah lama meninggal.

Mendengar kabar tersebut, Mensos menginstruksikan jajarannya untuk memberikan apresiasi, semangat dan bantuan kepada Tipatma yang telah tulus merawat dan membesarkan anak dan cucunya yang cacat.

Selain merenovasi rumah Tipatma, Mensos juga menyerahkan Bantuan Rehabilitasi Sosial (ATENSI) senilai total Rp. 23,75 juta.

Bantuan berupa rumah tangga, kebutuhan pokok, gizi kesehatan, bantuan pangan, bantuan kewirausahaan berupa 1 ekor sapi betina, benih padi, benih jagung dan alat pertanian untuk usaha peternakan dan pertanian.

Tipatma juga dapat diakses untuk mencatat E-KTP dan KK. Kemudian mendaftar ke DTKS untuk mendapatkan bantuan dari BPNT, PKH dan PBI.

Menteri Sosial Risma juga memerintahkan untuk membeli tempat tidur listrik agar mudah ditata demi kenyamanan cucu Tipatma.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos Risma didampingi Anggota Komisi VIII DPR RI R. Imron Amin, Wakil Bupati Bangkalan Mohni, Sekretaris Bangkalan Taufan Zairinsjah, dan Direktur Jamsostek Heri Kris Sritanto (editor)

Sumber: www.klikmu.codengan judul Mensos Risma Renovasi Rumah Lansia Di Bangkalan Yang Rawat 4 Disabilitas | Viral Pencerahan https://klikmu.co/mensos-risma-renovasi-rumah-lansia-di-bangkalan-yang-rawat-4-disabilitas/

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Terkini