Mengenal Bank Guarantee, Layanan Perbankan untuk Proyek Konstruksi

Bank dewasa ini memiliki beragam layanan untuk memudahkan nasabahnya, baik orang pribadi maupun badan usaha. Salah satu layanan perbankan yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat kebanyakan, adalah bank guarantee atau bank garansi.

Layanan perbankan yang satu ini, memang tidak digunakan atau ditawarkan kepada nasabah pada umumnya. Sebab, bank guarantee spesifik digunakan untuk sektor konstruksi.

Dalam proyek konstruksi, bank guarantee merupakan jaminan yang lazim menjadi persyaratan, baik oleh pemilik proyek kepada kontraktor, atau oleh kontraktor kepada sub-kontraktor/vendor.

Persyaratan adanya bank guarantee ini, dapat disertakan pada setiap fase proyek. Baik saat tahap tender, pelaksanaan pekerjaan, masa pemeliharaan. Selain mengacu pada fase proyek, bank guarantee dapat juga dikaitkan dengan ketentuan pembayaran.

Pengertian Bank Guarantee

Bank guarantee merupakan suatu garansi dalam bentuk warkat yang diterbitkan oleh bank, yang menjamin adanya pembayaran terhadap pihak penerima garansi apabila pihak yang dijamin default atau wanprestasi. Ini sesuai dengan Pasal 1 Ayat (3) huruf (a) Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 23/88/KEP/DIR.

Dengan kata …

Selengkapnya : Mengenal Bank Guarantee, Layanan Perbankan untuk Proyek Konstruksi

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Mengenal Bank Guarantee, Layanan Perbankan untuk Proyek Konstruksi

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Baca Juga:   Pembangunan Rendah Karbon Potensi Ciptakan 15 Juta Pekerjaan Baru

Terkini