Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Megawati Beri Kuliah Umum di Seskoal

  • Bagikan
Megawati Beri Kuliah Umum di Seskoal

Megawati hadir di Seskoal, untuk memberikan kuliah umum

News Schmu,JAKARTA — Presiden RI Kelima Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri tiba di Kampus Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) TNI di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan disambut dengan gerak tubuh dan lagu “Bersuka Ria”. oleh para perwira TNI AL karya Presiden Pertama Soekarno. Bahkan Megawati tidak bisa menahan diri untuk tidak berdansa dengan mereka.

Megawati hadir di Seskoal, Selasa (4/10/2022), untuk memberikan kuliah umum. Ia datang bersama Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Dr Hasto Kristiyanto, dan disambut delegasi AL yang dipimpin Laksamana Kepala Staf (TNI) Yudo Margono.

Sebelum masuk ruang kuliah, Megawati terlebih dahulu memberikan gambar. Usai menyerahkan lukisan itu, Megawati memasuki ruang acara yang sudah menunggu ratusan mahasiswa Seskoal.

Begitu masuk, Megawati disambut dengan lagu Bersuka Ria yang pernah dinyanyikan oleh Bing Slamet dan populer di era Soekarno.

Dengan semangat, para perwira TNI AL bernyanyi dan bergerak mengikuti irama lagu. Sementara Megawati dan Yudo naik ke atas panggung dan duduk di kursi. Megawati tampak tersenyum dan sesekali menertawakan gerakan petugas tersebut. Dan tiba-tiba Megawati menggerakkan tubuhnya, dan tangannya. Megawati bergerak seperti menarik tarian Jawa.

Kemudian, setelah lagu dan gerakan Bersuka Ria selesai, Yudo berbicara. Dikatakannya, sebelumnya Megawati menunjukkan bagaimana lagu Bersuka Ria dulu memiliki gerak tarinya sendiri. Dan gerakannya seperti gerakan tari Jawa dan luwes.

Yudo menuturkan, Megawati sempat membisikkan kepadanya bahwa gerakan mahasiswa Seskoal masih agak kaku dibandingkan dengan gerakan tari Bersuka Ria yang asli.

“Jadi nanti lagu ini punya gerakan sendiri-sendiri supaya tariannya tidak kaku. Dia bilang kita terlalu lama. Sebelumnya ia menampilkannya seperti tarian Jawa. Ternyata lagu ini punya gerakannya sendiri,” kata Yudo.

Komandan Seskoal Laksamana (TNI) Yoos Suryono Hadi mengatakan kuliah umum ini bertema Pancasila dan konstruksi ideologi bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dia bukan hanya putri pendiri Pancasila dan Presiden Kelima, tetapi Ibu Megawati adalah tokoh senior yang sangat memahami kehidupan dan perjalanan bangsa ini. Apalagi beliau adalah Ketua Dewan Pengurus Badan Pembina Ideologi Pancasila,” kata Yoos Suryono.

“Hingga perkuliahan ini, Pancasila menjadi falsafah hidup mahasiswa yang nantinya akan bekerja di berbagai departemen operasional,” tegasnya.

Megawati mengatakan akan banyak berbicara tentang situasi dan kondisi dunia, serta dampaknya terhadap kondisi di Indonesia.

“Ini adalah prioritas di masa sekarang dan strategi untuk diketahui. Beberapa kali saya dipanggil presiden untuk membicarakan situasi internasional dan domestik,” kata Megawati.

-->


Sumber:
Republika Online

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan