Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

MBS Bumiayu Raih Juara 1 Cerdas Cermat Islam MAPSI

  • Bagikan
MBS Bumiayu Raih Juara 1 Cerdas Cermat Islam MAPSI

BREBES, News Schmu  –Dinas Pendidikan dan MGMP PAI Kabupaten kembali menyelenggarakanu lomba MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami) tingkat SMP. Event tahunan yang berlangsung pada Senin, 10 Oktober 2022 tersebut bertempat di SMP Negeri 1 Larangan Brebes. Adapun cabang yang dilombakan adalah CCI (Cerdas Cermat Islam), Tartil Qur’an, Tahfidz, Tilawah, Kaligrafi dan pidato.

Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari semua pihak terutama keluarga besar PPM MBS Bumiayu akhirnya tiga santriwati (Rane Fauziah Yasmin, Aldhitadina Aulia Rahayu, dan Dinar Bintang Anestesia) yang mengikuti Cerdas Cermat Islam (CCI) pada ajang MAPSI kali ini dapat kembali meraih juara 1, ungkap Ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I selaku pendamping kontingen.

Ia merasa bangga karena ketiga santriwati MBS Bumiayu dapat lolos kembali pada tingkat Kabupaten Brebes dan Insya Allah bulan November akan berlaga kembali pada tingkat Propinsi. Oleh karenanya kita semua harus bahu membahu mendrill secara maksimal ketiga jago kita tersebut agar bisa tampil prima, energik dan maksimal, semoga Allah Swt selalu memudahkan langkah kita semua, tegas pengasuh santri puteri PPM MBS Bumiayu itu.

Drs. H. Muhtadi selaku Kepala SMP MBS Bumiayu mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinya adalah sekolah Islam berbasis pesantren yang belajarnya full 24 jam. Kami sangat bangga atas keberhasilan tiga santriwati tersebut yang telah kembali mendapat juara 1 CCI seperti saat bertanding di tingkat Kecamatan Bumiayu. “Kemenangan ini adalah sebuah anugerah besar karena bisa mempromosikan keberadaan MBS Bumiayu di tingkat Kabupaten Brebes dan semakin menguatkan skill dan karakter para santri,” tegasnya.

Ia menandaskan bahwa keberhasilakan ini adalah berkat sinergi yang komunikatif semua pihak, terutama para pembimbing dan pendamping yang terus mendrill kemampuan ketiga santri tersebut. Kita berharap semoga pada tingkat propinsi nanti, ketiga santriwati tersebut juga dapat tampil lebih maksimal lagi dan tentunya membawa kemenangan kembali, ungkapnya.

Ustadzah Yuli Mulyani, S.Pd menyambut hangat pesan Kepala Sekolah dan pengasuh santriwati dengan harapan bahwa semua santri dapat bisa memaksimalkan semua potensinya. Ia juga menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

Muhadloroh Akbar

Sebelumnya, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Puteri Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu, Kabupaten Brebes memeriahkan peringatan Maulid Nabi dengan menggelar muhadloroh akbar. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad, 9-10 Oktober 2022 bertempat di halaman Pontren MBS Bumiayu tersebut dibuka langsung oleh Ustadz Sutriyono, S.Ag selaku Mudir.

Ustadz Sutri dalam sambutan mengatakan bahwa acara muhadloroh akbar yang digelar oleh Pimpinan Ranting IPM MBS Putri kali ini sangat meriah dan menakjubkan. Salah satunya adalah tampilnya dua MC dengan membawakan empat Bahasa (Jawa, Indonesia, Arab dan Inggris). “Di samping itu, pembukaan acara ini juga dihangatkan oleh penampilan group hadroh santriwati yang lebih rame lagi adalah penampilan seni tampak suci santriwati MBS Bumiayu,” ungkapnya.

Ia berharap bahwa kegiatan ini akan ikut mempercepat dan memperkuat skill yang telah dimiliki oleh para santri. Saya berharap untuk muhadloroh akbar berikutnya dapat menghadirkan seluruh wali santri. Hal ini perlu dilakukan agar wali santri tahu dan bangga dengan penampilan putra-putri mereka.

Ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I selaku pengasuh santri puteri menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan muhadloroh akbar ini adalah membangun karakter dan memperkuat skill para santri.

“Kegiatan ini semuanya dari santri mulai dari desain panggung, menu acara dan lain-lain yang disuguhkan untuk semua, tandasnya. Ia juga mengatakan rangkaian kegiatan ini, di antaranya adalah lomba pidato 3 bahasa (Arab, Indonesia, Inggris), balas pantun, baca puisi Islami, nasyid, kisah para nabi, pidato ngapak bahasa Jawa. Kami berharap semoga kegiatan yang akan dating yang akan dilaksanakan oleh IPM Santriwan lebih bagus dan lebih maksimal lagi,” pungkasnya. (Rizal IM)

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan