Ingin Masuk Jurusan Periklanan? Ini 4 Mata Kuliah yang Dipelajari

News.schmu.id, Pendidikan : Ingin Masuk Jurusan Periklanan? Ini 4 Mata Kuliah yang Dipelajari. Jurusan periklanan sering dikaitkan dengan promosi suatu barang atau jasa. Namun, periklanan sebenarnya memiliki cakupan yang lebih luas. Periklanan merupakan ilmu yang mempelajari strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual (DKV), sketsa, hingga topografi periklanan.

Mata kuliah yang diajarkan pun bervariasi dan seru untuk diikuti. Mahasiswa periklanan dijamin merasa betah dengan mater-materi yang didapat. Dilansir dari rilis resmi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Rabu (26/1/2022).

Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Periklanan

Berikut empat mata kuliah yang akan dipelajari ketika mengambil jurusan periklanan.

1. Pengantar ilmu komunikasi

Mata kuliah ini akan dipelajari mahasiswa periklanan untuk mendalami tentang ilmu komunikasi dan biasanya diberikan pada awal-awal semester sebagai pengenalan dunia komunikasi. Mahasiswa akan belajar tentang ilmu komunikasi, komunikasi massa, hingga psikologi komunikasi. Pengantar ilmu komunikasi bisa dikatakan sebagai fondasi untuk mendalami ilmu komunikasi lain, termasuk periklanan.

Baca Juga: Berikut 5 Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa di Era Digital Workspace

2. Dasar-dasar periklanan

Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan secara bertahap. Hal inilah yang dilakukan mahasiswa jurusan periklanan. Sebelum masuk ke materi periklanan lebih dalam, mereka harus belajar mengenai dasar-dasar periklanan terlebih dahulu.

Selain itu, hal paling mendasar dalam periklanan adalah masalah kreativitas, orisinalitas, keunikan, dan esensi dari iklan yang dapat memberikan gambaran segar dan baru bagi audiens.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang jenis-jenis iklan, kriteria iklan yang baik, anatomi perusahaan periklanan, proses kreatif, pengetahuan mengenai media periklanan, hingga etika periklanan Indonesia.

3. Copywriting

Copywriting merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia periklanan. Orang yang melakukan copywriting disebut copywriter. Mereka bertugas menulis teks iklan yang dapat menarik audiens. Ada kerja keras dari para copywriter pada setiap iklan yang ditemui di televisi (TV), radio, papan reklame, dan internet.

Namun, proses menulis iklan yang dilakukan para copywriter tidaklah mudah. Sebab, copywriting merupakan metode pembuatan tulisan yang mengajak konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang diiklankan.

Baca Juga: Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Untuk itu, diperlukan penulis andal dalam membuat berbagai tulisan berkesan yang unik dan menarik untik suatu brand. Beberapa contoh copywriting yang ikonik adalah tagline Dancow yang menyebut “Aku dan Kau, Suka Dancow” atau copywriting Teh Botol Sosro yang berbunyi “Apa pun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”.

4. Perencanaan media periklanan

Perencanaan media periklanan merupakan rangkaian kegiatan penyampaian pesan promosi pada sasaran atau pengguna suatu produk atau jasa. Kegiatan tersebut menjadi proses yang berisi sejumlah keputusan yang harus dibuat, dari bermacam-macam kemungkinan atau perubahan sebagai pengembangan rencana media.

Perencanaan media dalam iklan tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, penempatan iklan yang tepat akan menjangkau target audiens yang diinginkan. Contohnya saja iklan camilan Chitato tidak mungkin ditayangkan pukul 10 malam di TV karena target pemasaran biasanya sudah tertidur dan tidak menonton TV. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar menyesuaikan iklan dengan penyebarannya, sehingga target audiens bisa tercapai.

Source: kompas.com

Terkini