oleh

Manajemen PAUD Dikmas, Apakah Bunda Tahu?

-Berita-239 views

Manajemen PAUD Dikmas: PAUD Dikmas adalah kependekan dari Pendidikan Anak Usia dini dan Pendidikan Masyarakat.

Pengertian manajemen paud dan dikmas merupakan aplikasi yang disedikan oleh pemerintah melalui kemendikbud. Layanan Manajemen Paud Dikmas membantu sekolah dalam mengelolah Pendidikan Anak Usia Dini.

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya untuk mengatur proses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar dapat mencapai tujuan membantu tumbuh kembang anak.

Tujuan dari PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini adalah memberikan pendidikan yang paling baik untuk anak-anak sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan dirinya.

Maksud dari anak usia dini adalah anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun.

Melalui aplikasi online Manajemen PAUD Dikmas sekolah dan lembaga pendidikan anak usia dini di http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id PUAD bisa terkoneksi dengan banyak PAUD di seluruh Indonesia. Denan adanya aplikasi Paud Dikmas diharapkan mampu meningkatkan mutu dan pelayanan lembaga pendidikan.

manajemen paud dikmas
Siswa PAUD bersama orang tua belajar bersama, foto via kota-probolinggo.aisyiyah.or.id

Apa itu paud paud dikmas?

PAUD Dikmas Mempunyai tugas menyelenggarakan serta  merumuskan pelaksanaan kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Untuk saat memprioritas penguatan lembaga serta peningkatan mutu layanan pendidikan PAUD serta Dikmas.

PAUD Dikmas merupakan direktorat tersendiri dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.

Tugas Ditjen adalah menyelenggarakan merumuskan dan melaksanakan kebijakan pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, dikutip dari paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Aplikasi Manajemen Paud Dikmas

Dalam penerapan Manajemen PAUD Ditjen membuat aplikasi berbasis website dan mobile (android) guna membantu proses penerapan manajemen PAUD. Aplikasi yang bisa diakses melalui laman resmi di manajemen.pauddikmas.org. Untuk Aplikasi mobile android bisa langsung di install melalui playstore google dari handphone masing-masing.

Dengan adanya aplikasi manajemen ini diharapkan bisa meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Cara menggunakan Dapodik Manajemen PAUD

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan dapodik manajemen PAUD Dikmas guna membantu lembaga memanajemeni PAUD yang dikelola. Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan simple.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan dalam skala nasional terpadu serta menjadi sumber data utama pendidikan nasional. Termasuk juga pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Semua lembaga PAUD dan Dikmas wajib mememutkahirkan datanya melalui sistem Dapodik.

Sejak 2017, dapodik sudah digunakan pada ujian nasional pendidikan kesetaraan. Setiap peserta ujian harus terdafar pada data Dapodik. Kalau tidak terdaftar maka tidak bisa mengikuti ujian nasional kesetaraan.

  1. Silakan buka laman https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id untuk masuk ke halaman login dapodik akan diarahkan ke halaman login dapodik PAUD Dikmas.
  2. Setelah Anda berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman dapodik PAUD online.
  3. Pada DAPODIK ONLINE, sinkronisasi akan dilakukan dengan menambah, menghapus, atau mengubah data secara langsung setelah sinkronisasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dapodik PAUD Dikmas bisa mengunjungi laman https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/sitePages/topic/1 semua tersedia termasuk panduan pengisian Dapodik PAUD secara lengkap.

Manajemen PAUD, Kurikulum, Penerapan dan Pengelolaan PAUD

Gagasan pengendalian kelas meliputi pengaturan lingkungan belajar dan koordinasi anak serta kelas (bisa di atau di luar ruang). Pengendalian kelas sesuai dengan mode evaluasi yang akan dipakai. Model-model evaluasi itu salah satunya ialah:

  1. mode evaluasi barisan berdasar sudut-sudut pekerjaan;
  2. mode evaluasi barisan berdasar pekerjaan pengaman;
  3. mode evaluasi berdasar ruang (ketertarikan); serta
  4. mode evaluasi berdasar sentral.

Penerapan Evaluasi

Salah satunya pendekatan evaluasi yang dipakai dalam Kurikulum 2013 ialah pendekatan tematik terintegrasi. Dalam mode evaluasi tematik terintegrasi di PAUD, kegiatan-kegiatan yang dikerjakan untuk satu topik, sub topik, atau sub-sub topik direncanakan untuk sampai dengan bersama kompetensi sikap, pengetahuan, serta ketrampilan dengan meliputi beberapa atau semua faktor peningkatan serta pengendalian evaluasi paud.

Penerapan evaluasi dikerjakan lewat evaluasi langsung serta tidak langsung yang berlangsung dengan terpadu serta tidak terpisah. Evaluasi langsung ialah proses evaluasi lewat hubungan langsung di antara anak dengan sumber belajar yang direncanakan dalam Gagasan Penerapan Evaluasi Mingguan (RPPM) serta Gagasan Penerapan Evaluasi Harian (RPPH). Evaluasi langsung terkait dengan peningkatan pengetahuan serta ketrampilan yang terdapat dalam Kompetensi Inti-3 (pengetahuan) serta Kompetensi Inti-4 (ketrampilan).

Evaluasi tidak langsung ialah evaluasi yang tidak direncanakan dengan spesial tetapi berlangsung dalam proses evaluasi langsung. Lewat proses evaluasi langsung untuk sampai kompetensi pengetahuan serta ketrampilan akan berlangsung efek ikut-ikutan pada peningkatan nilai serta sikap yang terdapat dalam Kompetensi Inti-1 (sikap spiritual) serta Kompetensi Inti-2 (sikap sosial).

Evaluasi tematik terintegrasi dikerjakan dalam tingkatan pekerjaan pembukaan, pokok serta penutup.

Pekerjaan Pembukaan, Pekerjaan pembukaan dikerjakan untuk mempersiapkan anak dengan psikis serta fisik untuk ikuti proses evaluasi. Pekerjaan ini terkait dengan bahasan sub topik atau sub-sub topik yang akan dikerjakan. Beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan diantaranya: berbaris, mengucap salam, berdoa, serta menceritakan atau share pengalaman.

Pekerjaan Pokok, Pekerjaan pokok adalah usaha pekerjaan bermain yang memberi pengalaman belajar dengan cara langsung pada anak jadi fundamen pembentukan sikap, pencapaian pengetahuan serta ketrampilan. Pekerjaan pokok pengendalian evaluasi paud memberi ruangan yang cukup buat anak untuk berinisiatif, kreatif, serta mandiri sesuai talenta, ketertarikan serta keperluan anak. Pekerjaan pokok dikerjakan dengan pendekatan saintifik mencakup pekerjaan memperhatikan, menanya, kumpulkan info, menalar, serta mengomunikasikan.

  1. Memperhatikan, Memperhatikan dikerjakan untuk tahu objek salah satunya dengan memakai indera seperti lihat, dengar, menghidu, merasakan, serta meraba.
  2. Menanya, Anak didorong untuk menanyakan, baik mengenai objek yang sudah dilihat atau beberapa hal lain yang ingin didapati.
  3. Kumpulkan Info, Kumpulkan info dikerjakan lewat bermacam langkah, contohnya: dengan lakukan, coba, membahas serta mengaitkan dari hasil beberapa sumber.
  4. Menalar, Menalar adalah potensi menyambungkan info yang telah dipunyai dengan info yang baru didapat hingga memperoleh pandangan yang lebih baik mengenai satu hal.
  5. Mengomunikasikan, Mengomunikasikan adalah pekerjaan untuk mengemukakan beberapa hal yang sudah dipelajari dalam bermacam-macam, contohnya lewat kisah, pergerakan, serta dengan tunjukkan hasil karya berbentuk gambar, bermacam-macam dari adonan, boneka dari bubur kertas, kriya berbahan daur lagi, serta hasil anyaman.

Pekerjaan Penutup

Pekerjaan penutup adalah pekerjaan yang berbentuk penenangan. Banyak hal yang bisa dikerjakan dalam pekerjaan pengendalian evaluasi paud untuk penutup pelajaran salah satunya ialah:

  1. membuat rangkuman simpel dari pekerjaan yang sudah dikerjakan, terhitung di dalamnya ialah pesan kepribadian yang ingin dikatakan;
  2. nasihat-nasihat yang memberi dukungan pembiasaan yang baik;
  3. refleksi serta operan balik pada pekerjaan yang telah dikerjakan;
  4. membuat pekerjaan penenangan seperti menyanyi, bersyair, serta menceritakan yang sifatnya menyenangkan;
  5. serta, memberitahukan gagasan evaluasi untuk pertemuan selanjutnya.

Demikian artikel kami tentang manajemen PAUD (pendidikan anakn usia dinia). Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

 

 

Komentar

News Feed