Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Kuliah Tamu Pendidikan Fisika Unismuh Bahas Pentingnya Keterampilan Abad 21

  • Bagikan
Kuliah Tamu Pendidikan Fisika Unismuh Bahas Pentingnya Keterampilan Abad 21

MAKASSAR, News Schmu – Pembelajaran Fisika di abad 21 hendaknya berorientasi pada cara-cara untuk membekali siswa dengan keterampilan berpikir abad 21. Keterampilan tersebut meliputi daya cipta dan inovasi, berpikir kritis, pemecahan masalah , pengambilan keputusan, serta cara belajar.

Hal tersebut diungkapkan Sunardi MSc, penulis produktif buku pelajaran Fisika untuk siswa SMA, dalam Kuliah Tamu dan Bedah Buku bertajuk ‘Fisika Fundamental Berbasis Keterampilan Abad 21’. Acara ilmiah ini dihelat Prodi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Kegiatan dihelat secara daring melalui aplikasi Zoom, Kamis, 29 September 2022. Acara ini dihadiri Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Erwin Akib PhD, Ketua Prodi Pendidikan Fisika Unismuh Dr Ma’ruf, para dosen dan mahasiswa Pendidikan Fisika Unismuh, serta puluhan partisipan lainnya.

Sunardi yang merupakan narasumber dalam acara ini, merupakan penulis produktif mata pelajaran Fisika untuk jenjang SMA. Ia telah menulis lebih dari 30 buku. Beberapa di antaranya adalah Fisika Bilingual SMA dan SMK, Physics Problems for Senior High School, Saat-saat Jelang UN Fisika SMA, dan salah satu buku terbarunya berjudul ‘Fisika Fundamental Berbasis Keterampilan Abad 21’.

Ia menamatkan S1 di UPI Bandung, sedangkan S2 diselesaikannya di Universitas Padjadjaran dan University of Twente pada Program Pascasarjana Magister Ilmu Lingkungan.

Selain penulis, Sunardi merupakan salah seorang pengajar fisika di SMPN 21 Bandung. Ia juga kerap diundang sebagai pemateri di beberapa workshop/pelatihan dan try out Ujian Nasional baik untuk siswa maupun guru di beberapa daerah di Indonesia.

Harapan Dekan

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib sangat mengapresiasi kegiatan ilmiah yang digelar Prodi Pendidikan Fisika. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menopang penguatan akreditasi prodi. Prodi Pendidikan Fisika Unismuh saat ini telah terakreditasi B, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Erwin Akib juga berharap, kehadiran Sunardi sebagai penulis buku pelajaran yang sangat produktif, dapat memotivasi para dosen agar menjadi penulis buku yang professional.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Fisika Unismuh Ma’ruf mengapresiasi kesediaan Sunardi menjadi narasumber. “Pak Sunardi adalah penulis buku yang bersertifikasi nasional dan menjadi salah satu penulis buku terbanyak di Kemendikbud untuk mapel fisika dan IPA ditingkat sekolah SMP dan SMA,” ungkapnya.

Selain menopang akreditasi prodi dan memotivasi para dosen menulis buku, lanjut Ma’ruf, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa, tentang asesmen dan soal soal yang berbasis HOTS dan bisa menjadi bagian untuk bahan penelitian skripsi mahasiswa. (Hadi/Riz)

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan