oleh

4 Keuntungan Daftar SNMPTN 2022, Tak Perlu Ikut Tes

News.schmu.id, Pendidikan : 4 Keuntungan Daftar SNMPTN 2022, Tak Perlu Ikut Tes. Pendaftaran masuk perguruan tinggi dapat ditempuh melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun seleksi mandiri atau SM. Dari ketiga jalur tersebut, SNMPTN dinilai memiliki banyak keuntungan terlebih jika sudah lolos nantinya. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa SMA, MA, dan SMK kelas 12 yang memiliki prestasi unggul. Pelaksanaan SNMPTN 2022 terbuka di 125 perguruan tinggi, yang terdiri dari Universitas dan Institut, Politeknik Negeri, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Saat ini pelaksanaan SNMPTN sudah memasuki tahap pembuatan akun LTMPT.

 Keuntungan Daftar SNMPTN 2022

Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto, menjelaskan dalam sosialisasi Mekanisme Registrasi Akun LTMPT yang digelar beberapa waktu lalu, salah satu keuntungan mengikuti SNMPTN adalah tidak dipungut biaya pendaftaran. Adapun, biaya tersebut akan ditanggung oleh pemerintah. Berikut keuntungan selengkapnya yang akan diperoleh siswa yang menempuh jalur SNMPTN 2022:

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Portal LTMPT Error Versi Siswa di SNMPTN 2022

1. Tidak Dipungut Biaya Pendaftaran

Seperti dijelaskan sebelumnya, peserta SNMPTN akan dibebaskan dari biaya pendaftaran. Artinya, detikers hanya perlu mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditetapkan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Hal ini tentu berbeda dengan siswa yang mengikuti jalur lain, baik SBMPTN maupun SM. Kedua jalur tersebut mewajibkan peserta untuk membayar biaya pendaftaran. Pada tahun 2021, peserta SBMPTN harus membayar Rp 200 ribu untuk kelompok Saintek dan Soshum, dan Rp 300 ribu untuk kelompok Campuran. Adapun, biaya untuk jalur SM bekisar antara Rp 300-400 ribu.

2. Tidak Perlu Mengikuti Tes

Jalur SNMPTN juga dikenal dengan jalur undangan. Artinya, siswa tidak perlu lagi mengikuti tes untuk masuk perguruan tinggi. Perlu diketahui, sistem seleksi yang digunakan dalam jalur ini dilihat dari nilai rapor siswa semester 1 sampai 5. Khusus bidang seni dan olahraga digunakan portofolio sebagai pertimbangan seleksi.

3. Mendapatkan Subsidi UKT

UKT atau Uang Kuliah Tunggal bagi siswa SNMPTN berbeda dengan siswa SM. Di sejumlah perguruan tinggi, siswa yang lolos jalur SNMPTN akan mendapatkan UKT golongan 1 atau 2. Namun, golongan UKT juga dilihat berdasarkan kondisi ekonomi dari masing-masing siswa. Besaran UKT tiap golongan cukup bervariasi, tergantung pada program studi dan ketetapan dari masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga: Daftar SBMPTN 2022?, Ketahui Kampus dan Prodi Saintek-Soshum Paling Diminati

4. Banyak Waktu Luang

Jalur SNMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru gelombang awal. Artinya, jalur ini dibuka sebelum SBMPTN dan SM. Dengan demikian, siswa yang lolos SNMPTN akan memiliki banyak waktu luang untuk mengenali kampus sebelum memulai perkuliahan.

Nah, itulah empat keuntungan mengikuti jalur SNMPTN 2022. Apakah tertarik daftar?

Source: detik.com

Komentar

News Feed