Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

 Kemendikbudristek Keluarkan Aturan Baru Seragam Sekolah, Ini Penjelasannya…

  • Bagikan
 Kemendikbudristek Keluarkan Aturan Baru Seragam Sekolah, Ini Penjelasannya…

Pakaian adat digunakan oleh siswa pada hari-hari atau acara adat tertentu.

News Schmu, JAKARTA — Peraturan baru tentang seragam sekolah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 50 Tahun 2022. Peraturan tersebut memuat pasal yang mengatur tentang penggunaan pakaian. .

Dalam Pasal 3 ayat 1 Permendikbudristek mengacu pada jenis seragam sekolah yaitu seragam nasional dan seragam pramuka. Kemudian pada ayat 2 pasal tersebut dijelaskan bahwa, selain seragam sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat 1, sekolah dapat mengatur seragam sekolah untuk siswa.

“Selain seragam sekolah dan seragam sekolah khusus sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pakaian adat untuk siswa di sekolah,” bunyi Pasal 4 peraturan yang ditetapkan pada 7 September, dikutip, Rabu ( 12/10). /2022).

Terkait dengan pakaian adat diatur kembali dalam Pasal 9 yaitu model dan warna pakaian adat ditetapkan oleh pemerintah daerah dengan memperhatikan hak setiap siswa untuk mengamalkan agama dan kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinannya.

“Pakaian adat digunakan oleh pelajar pada hari atau acara adat tertentu,” bunyi Pasal 10 ayat 3 peraturan tersebut.


Sumber:
Republika Online

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan