Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Kemendikbudristek Buka Pendaftaran KIP Kuliah Sepanjang Tahun

  • Bagikan
Kemendikbudristek Buka Pendaftaran KIP Kuliah Sepanjang Tahun

Kemendikbudristek juga tidak membedakan antara PTN dan PTS.

News Schmu, JAKARTA — Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar meminta pendaftaran KIP Kuliah dibuka sepanjang tahun. KIP Prestasi Kuliah bertujuan untuk membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik namun membutuhkan bantuan secara finansial.

“Pada dasarnya KIP Kuliah itu terbuka penuh, pendaftarannya sepanjang tahun. Tergantung jalur yang dipilih dan universitas yang akan dituju,” kata Abdul Kahar dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Ia mencontohkan, jika seorang calon mahasiswa ingin mendaftar jalur seleksi berdasarkan prestasi atau SNMPTN maka calon mahasiswa tersebut dapat mendaftar KIP Kuliah. Namun, jika siswa tersebut tidak lulus seleksi jalur prestasi, maka siswa tersebut dapat mendaftar seleksi berdasarkan tes atau SBMPTN.

“Jika tidak melewati jalur SBMPTN maka bisa mendaftar melalui jalur mandiri,” ujarnya.

Kemendikbudristek juga tidak membedakan antara PTN dan PTS. Itu karena KIP Kuliah menyasar mahasiswa dimanapun mereka kuliah.

Akreditasi perguruan tinggi minimal C. “Tidak ada bedanya PTN dan PTS, sama-sama berhak menyelenggarakan KIP Kuliah,” ujarnya lagi.

-->

sumber: Antara


Sumber:
Republika Online

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan