Jenis Tes di Sekolah Kedinasan, Siswa Wajib Tahu

News.schmu.id, Pendidikan : Jenis Tes di Sekolah Kedinasan, Siswa Wajib Tahu. Sekolah kedinasan merupakan salah satu pilihan menarik bagi pelajar yang berencana kuliah tahun ini. Sebab, di samping ada banyak pilihan instansi, calon mahasiswa juga berkesempatan untuk mendapat beasiswa, uang saku, asrama, menjalani ikatan dinas, dan diangkat sebagai CPNS.

Perguruan tinggi kedinasan (PKN) STAN menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2022 sebagai bagian dari tahap seleksi mahasiswa baru. Namun, baik calon mahasiswa STAN maupun sekolah kedinasan lain juga diwajibkan mengikuti tahap seleksi dan tes lainnya untuk dapat lolos sebagai taruna atau mahasiswa baru. Berikut jenis tes sekolah kedinasan yang umum dilaksanakan.

Jenis Tes Sekolah Kedinasan

1. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan salah satu tes tahap pertama dalam ujian masuk sekolah kedinasan. Soal SKD sekolah kedinasan terbagi atas kelompok Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti calon pegawai negeri sipil.

Umumnya, SKD sekolah kedinasan dilaksanakan bersama berbasis komputer. Salah satu sekolah kedinasan yang menerapkan SKD adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

Baca Juga: Ini Tahapan Tes Akademi Kepolisian dan Syarat Pendaftaran

2. Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan seleksi lanjutan setelah SKD yang menilai pengetahuan terkait bidang ilmu di perguruan tinggi kedinasan. Contoh, pelamar Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) mengerjakan SKB dengan materi fisika, matematika, dan bahasa Inggris.

Seleksi ini juga dapat dikenal dengan nama berbeda di sekolah kedinasan lain. Contohnya seperti Tes Kemampuan Bidang atau Tes Kompetensi Akademik dengan materi seperti matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum.

3. Tes Kesehatan

Tes kesehatan di penerimaan mahasiswa atau taruna baru sekolah kedinasan umumnya terdiri atas dua tahap, yakni di tahap awal seleksi sekitar penyelenggaraan SKD dan di tahap akhir sekitar masa tes kesamaptaan.

4. Tes Psikologi

Tes psikologi, asesmen psikologi, atau psikotes umumnya menilai kondisi psikologi, integritas, dan kejujuran calon mahasiswa atau taruna. Sementara itu, tes pada umumnya dilakukan di lembaga pemerintahan seperti di Biro SDM Polda atau secara daring.

5. Tes Matematika

Tes matematika salah satunya diterapkan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Selain itu, tes matematika pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) STIS dilaksanakan bersama psikotes sebagai bagian dari Seleksi Tahap II daring.

Baca Juga: Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulusan Bisa Jadi CPNS

6. Tes Kesamaptaan dan Kebugaran

Tes kesamaptaan pada dasarnya adalah tes kemampuan dan kesiapan fisik dalam berkegiatan. Selain itu, tes kesamaptaan dan kebugaran dapat mencakup tes lari, push up, sit up, pull up, shuttle run, renang an lain-lain. Jenis tes kesamaptaan yang diujikan berbeda-beda di tiap sekolah kedinasan.

7. Wawancara

Tahap wawancara umumnya dapat dilaksanakan secara luring, daring, serta campuran. Wawancara dapat berlangsung 15-30 menit untuk setiap peserta. Umumnya, pertanyaan yang diajukan menggali potensi dan komitmen calon taruna atau calon mahasiswa sekolah kedinasan.

Itulah 7 jenis tes pada Sekolah Kedinasan, untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu sekolah kedinasan, jangan lupa di catat ya!

Source: detik.com

Terkini