5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Gunakan Nilai Rapor

News.schmu.id: 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Gunakan Nilai Rapor. Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa Anda ambil di tahun 2022. Jalur ini bisa Anda pilih untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN), Politeknik Negeri (PN) dan Sekolah Negeri.

Jalur tersebut menggunakan nilai rapor sebagai salah satu poin penilaian dalam penerimaan mahasiswa baru. Berikut 5 jalur masuk Perguruan Tinggi yang menggunakan ilai rapor :

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Pendaftaran SNMPTN biasanya dilakukan pada awal tahun, yaitu sekitar Januari-Februari 2022. Terbuka untuk jenjang D4-S1 baik dari PTN maupun Politeknik.cBagi siswa kelas 12 atau calon pendaftar SNMPTN 2022 sudah saatnya mempertimbangkan jurusan dan PTN yang akan dipilih.

2. SNMPN

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.Mulai 2021, SNMPN diperuntukkan bagi jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) saja. Sedangkan Jenjang Pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) dimasukkan ke jalur SNMPTN oleh LTMPT. Pendaftaran SNMPN bisanya dilakukan pada Januari-Maret.

Baca Juga: Daftar 14 Perguruan Tinggi yang Berstatus PTN-BH

3. SPAN PTKIN

Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Selain itu, sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Sedangkan siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing. Pendaftaran SPAN PTKIN dilakukan pada bulan Februari-Maret.

4. Sekolah Kedinasan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Ada beberapa alasan mengapa Perguruan Tinggi Kedinasan alias Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang hampir sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Salah satunya adanya ikatan dinas yang diberikan oleh kementerian dan lembaga pemerintah. Bagi mahasiswa yang ingin segera mendapatkan jaminan kerja setelah lulus kuliah atau bekerja di instansi pemerintah yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekolah Kedinasan sering menjadi pertimbangan. Pendaftaran biasanya dimulai Maret-April.

5. Jalur Mandiri PTN

Sejumlah jalur mandiri PTN juga membuka seleksi jalur rapor, di samping menggunakan nilai UTBK SBMPTN. Pendaftaran jalur mandiri biasanya dilakukan mulai Mei bersamaan dengan pengumuman SBMPTN.

Source: kompas.com

Terkini