Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Ini Jenis Hosting Android yang Tepat Untuk Anda! [Wajib Tahu]

  • Bagikan
Ini Jenis Hosting Android yang Tepat Untuk Anda! [Wajib Tahu]

hosting untuk aplikasi Android – Bagaimana agar aplikasi Android yang Anda kembangkan dapat diakses oleh pengguna dengan baik? Jawabannya adalah siapkan hosting untuk aplikasi Android. Artinya, hosting Android yang tepat bisa menjadi kunci keberhasilan aplikasi Anda.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang hosting terbaik untuk aplikasi Android. Namun, sebelumnya Anda akan mempelajari cara membuat aplikasi Android, dan mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkan hosting untuk aplikasi Android Anda.

Hosting untuk aplikasi Android

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android?

Aplikasi Android umumnya terdiri dari front end dan back end. Front end adalah bagian dari aplikasi yang dilihat oleh pengguna, dimana pengguna akan berinteraksi dengan mengklik tombol, dan sebagainya. Sedangkan back end adalah perangkat komputasi yang merespon semua interaksi tersebut.

Untuk mengembangkan front end aplikasi Android, Anda memerlukan Android Studio. Dengan perangkat lunak tersebut, Anda dapat membuat aplikasi Android melalui lima langkah, yaitu:

  1. Pilih template proyek atau mulai dari awal.
  2. Membuat antarmuka aplikasi.
  3. Atur Adaptor yang bertanggung jawab untuk memanggil data.
  4. Menampilkan data menggunakan RecyclerView.
  5. Menampilkan grup database menggunakan Dataset.

Ketika aplikasi sudah siap, bagaimana menanggapi interaksi pengguna yang membutuhkan data? Misalnya, ketika pengguna mengklik putar pada aplikasi musik streaming, di mana data lagu disimpan?

Nah, itu tandanya aplikasi custom kamu membutuhkan layanan hosting Android.

Mengapa Anda Membutuhkan Hosting untuk Aplikasi Android?

Persyaratan aplikasi untuk layanan hosting Android bergantung pada fungsinya.

Jika aplikasi Anda dirancang untuk bekerja secara offline, semua datanya akan disimpan di perangkat pengguna. Dengan begitu, data yang dibutuhkan untuk merespon interaksi pengguna dengan aplikasi dapat langsung diambil dari penyimpanan perangkat.

Berbeda dengan aplikasi yang bekerja secara online, seperti e-commerce, media sosial, dan layanan streaming musik seperti contoh di atas.

Saat pengunjung menginstal aplikasi jenis itu, hanya bagian depan yang disimpan di perangkat. Data aplikasi disimpan di server hosting sehingga dapat digunakan untuk melayani semua pengguna aplikasi setiap saat.

Anda sebenarnya dapat menggunakan semua jenis layanan hosting untuk aplikasi Android. Namun, karena aplikasi umumnya sering diakses dan terkadang melayani banyak pengguna, ada beberapa kriteria khusus untuk meng-hosting aplikasi Android Anda.

Apa Kriteria Hosting Android Terbaik?

Berikut beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh layanan hosting aplikasi Android:

1. Kecepatan

Pengguna pasti akan kecewa jika informasi dalam aplikasi lambat diakses. Jika terus seperti itu, pengguna tidak akan sabar dan berhenti menggunakan aplikasi.

Nah, agar tidak kehilangan pengguna, Anda harus menggunakan layanan hosting yang cepat.

Hosting Android idealnya memiliki ruang penyimpanan dan memori yang besar. Jadi, hosting mampu menyimpan banyak data tanpa terganggu kinerjanya.

Sementara itu, kapasitas memori mendukung kemampuan hosting untuk merespon banyak permintaan data dari aplikasi. Semakin besar kapasitas memori, semakin baik kinerja hosting ketika banyak pengguna mengakses aplikasi secara bersamaan.

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan layanan hosting yang memiliki penyimpanan dan memori khusus. Dengan begitu, kinerja hosting aplikasi Android Anda tidak akan terpengaruh jika pengguna hosting lain menggunakan penyimpanan atau memori server yang berlebihan.

2. Waktu aktif

Kecepatan loading yang tinggi saja tidak cukup. Aplikasi Anda juga harus dapat melayani pengguna setiap saat. Apalagi jika aplikasi tersebut digunakan untuk keperluan bisnis atau jasa administrasi pemerintahan.

Agar aplikasi selalu dapat diandalkan, sebaiknya pilih hosting Android dengan uptime tinggi. Uptime adalah waktu ketika hosting selalu dapat diakses.

Uptime hosting di atas 99% menunjukkan bahwa server hampir selalu online dan memiliki masalah yang minimal. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mendukung aplikasi Anda bekerja dengan baik.

3. Damai

Hosting Android dengan sistem keamanan yang buruk dapat menyebabkan aplikasi mudah diretas oleh peretas. Selain aplikasi tidak dapat diakses, data pengguna juga berisiko.

Kedua hal ini akan berdampak buruk bagi pengguna dan kredibilitas Anda sebagai pengembang aplikasi. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Oleh karena itu, gunakan layanan hosting untuk aplikasi Android dengan fitur keamanan yang lengkap, seperti firewall, anti-malware, dan pembaruan sistem operasi hosting rutin.

Jangan lupa, pastikan layanan hosting yang Anda gunakan menawarkan backup otomatis. Dengan itu, Anda akan memiliki data cadangan jika data utama Anda mengalami error, sehingga data pengguna tidak hilang.

Rekomendasi Hosting Android Terbaik

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mencari layanan hosting sesuai kriteria di atas, berikut ini jenis-jenis hosting terbaik untuk aplikasi Android:

1. Hosting Awan

Cloud hosting adalah jenis hosting yang memanfaatkan beberapa server untuk menyimpan data aplikasi Anda. Ketika salah satu server mengalami masalah, yang lain mengambil alih sehingga cloud hosting diketahui memiliki uptime yang baik.

Keuntungan dari cloud hosting tidak berhenti di situ. Memori dan ruang penyimpanan didedikasikan, sehingga kinerja hosting yang Anda gunakan tidak akan terganggu oleh aktivitas pengguna hosting lain.

Dari segi keamanan, cloud hosting juga menawarkan fitur-fitur terbaik agar keamanan server cloud hosting selalu terjaga.

Yang tak kalah menarik, cloud hosting menawarkan kemudahan pengelolaan. Dengan demikian, Anda dapat langsung menggunakannya untuk meluncurkan aplikasi Android Anda.

2. VPS

VPS atau virtual private server adalah sebuah hosting yang servernya digunakan bersama oleh beberapa pengguna. Namun, setiap pengguna mendapatkan sumber daya khusus, termasuk memori dan ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu, kapasitas resourcenya juga lebih besar dari cloud hosting. Oleh karena itu, VPS cocok untuk aplikasi Android yang perlu menyimpan data dalam jumlah besar dan tetap memiliki performa yang baik.

Tidak seperti cloud hosting, VPS membutuhkan pengaturan server independen. Ini membutuhkan keterampilan khusus, terutama pemahaman tentang perintah Linux untuk pengaturan hosting.

Namun, server pribadi virtual memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam menginstal perangkat lunak pilihan Anda untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan hosting. Jadi, kemampuan VPS dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi Anda.

Baca Juga: Digital Marketing : Kelebihan Dan Definisi dan Jenisnya

Yuk, Gunakan Hosting Android yang Tepat!

Memiliki hosting untuk aplikasi Android adalah suatu keharusan jika Anda ingin membuat aplikasi yang bekerja secara online. Pada artikel ini, Anda sudah mengetahui kriteria hosting Android yang bagus, yaitu memiliki kecepatan, waktu aktif, dan keamanan yang andal.

Nah, cloud hosting dan VPS adalah dua pilihan hosting terbaik untuk aplikasi Android Anda. Keduanya menawarkan memori dan penyimpanan khusus, sehingga mendukung kebutuhan akan kecepatan dan waktu aktif yang tinggi.

Anda juga tidak perlu meragukan keamanan kedua jenis hosting tersebut. Cloud hosting memiliki pengaturan keamanan yang baik serta fitur bawaan seperti anti-malware dan firewall. Sementara itu, Anda dapat mengatur keamanan VPS sesuai kebutuhan dengan menginstal perangkat lunak yang Anda pilih.

Sumber: buya sorta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan