Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Infografik 4 Dobrakan Menteri Nadiem Makarim

  • Bagikan
Infografik 4 Dobrakan Menteri Nadiem Makarim
4 Dobrakan Menteri Nadiem Makarim, sumber infografik katadata.id

Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nadiem Makarim lakukan dobrakan untuk mengatur pendidikan nasional. Usaha itu dikerjakan lewat empat kebijaksanaan yang dinamakan “Merdeka Belajar.”

Baca juga: 5 Ajakan Mendikbud Dikti Nadiem kepada Guru, Ubah Gaya Mengajar!

Langkah awalnya ialah meniadakan Ujian Nasional (UN) mulai 2021, lalu mengubahnya dengan asesmen kompetensi minimun untuk mengukur potensi analisa literasi serta numerasi. Selain itu lakukan survey ciri-ciri untuk memetakan aplikasi asas-asas Pancasila di sekolah.

Dobrakan Menteri Nadiem Makarim

Mendikbud Nadiem Makariem
Mendikbud Nadiem Makariem

Baca juga: Mulailah Revolusi Pendidikan, Tanggapan Atas Pidato Nadiem Menteri Pendidikan

Ke-2, meniadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mulai 2020. Tiap sekolah dapat membuat ujian kelulusan sendiri dengan bermacam format, seperti esai, portofolio, karya tulisan, serta pekerjaan barisan. (Baca: Kualitas Pendidikan Indonesia versus Singapura) Ke-3, menyederhanakan Gagasan Penerapan Evaluasi (RPP). Langkah ini mempunyai tujuan mengurangi beban administrasi guru. Ke empat, kurangi paket zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Jalan zonasi yang awalnya 80 % akan menyusut jadi 70 %. Selain itu, paket jalan prestasi ditambah sampai 30 %.

 4 Dobrakan Menteri Nadiem Makarim
4 Dobrakan Menteri Nadiem Makarim, sumber infografik katadata.id
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan