Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri

  • Bagikan
Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri
Seleksi Tanpa Tes Telkom University, foto mahasiswa Telkom University sumber telkomuniversity.ac.id
Pendaftaran Beasiswa Turki
Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri, Foto Mahasiswa Turki

Info Beasiswa Dalam Negeri

1. Beasiswa Luar Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertujuan untuk menjaring calon dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi (PTN/PTS) untuk melanjutkan pendidikannya. Beasiswa Unggul atau biasa disingkat BU, memberikan beasiswa untuk studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Biasanya BU ditawarkan mulai awal Maret hingga April.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021

2. Beasiswa Dikti

Beasiswa yang satu ini memiliki kemiripan dengan BU. Perbedaan tujuan beasiswa. Beasiswa Dikti diperuntukkan bagi dosen tetap PTN, dosen DPk, dan dosen tetap PTS. Pada Gelombang 1 terakhir, Beasiswa Dikti hanya memberikan pilihan studi di luar negeri. Pendaftaran online dibuka antara Juli dan Oktober.

3. Beasiswa Tujuan Misi

Ini merupakan salah satu beasiswa Kemdikbud yang diperuntukan bagi siswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun 2012, beasiswa ini memberikan alokasi beasiswa sekitar 30.000 dan tersebar di seluruh PTN di Indonesia. Beasiswa Bidik Misi dibuka pada awal Maret untuk jalur undangan, disusul awal Mei untuk jalur SNMPTN. Selain itu, perguruan tinggi juga memberikan seleksi mandiri.

4. Beasiswa Sampoerna

Tawaran beasiswa ini ditujukan untuk pelajar dari Papua. Ada sekitar 10 beasiswa yang diberikan pada tahun 2012. Sampoerna Scholarships dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi dan jiwa kepemimpinan. Beasiswa dibuka sekitar awal Juni.

5. Beasiswa Djarum

Melalui program Djarum Beasiswa Plus, beasiswa yang satu ini rutin digulirkan. Sasarannya adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sarjana. Beasiswa Djarum bergabung dengan sejumlah perguruan tinggi untuk memberikan beasiswanya. Pada 2012, beasiswa ditawarkan pada awal April.

6. Beasiswa BCA

Beasiswa yang satu ini ditawarkan oleh BCA Finance. Targetnya juga mahasiswa sarjana yang telah menyelesaikan minimal semester 2. Beasiswa BCA mengalokasikan 50 kursi pada 2012 dan ditawarkan setiap tahun. Pendaftaran dibuka sekitar awal September.

7. Beasiswa CIMB

Melalui program beasiswa BUTIK-CIMB, beasiswa ini menarik minat mahasiswa yang berprofesi sebagai wirausahawan muda semasa kuliah. Beasiswa CIMB ditawarkan kepada mahasiswa S1 dan D3. Selain itu, melalui CIMB Group juga diberikan beasiswa S2 dan S3 di luar negeri. Beasiswa CIMB biasanya ditawarkan pada awal Juni.

8. Beasiswa Sedang Berkelanjutan

Tawaran beasiswa berkelanjutan diberikan oleh Dikti bagi dosen tetap PTN dan PTS yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Biasanya, beasiswa ini ditawarkan sekitar awal Juli.

9. Beasiswa Kementerian Pendidikan

Kemenag juga memiliki tawaran beasiswa sendiri yang ditujukan untuk dosen dan tenaga kependidikan PTAIN/PTAIS. Beasiswa ini hanya dapat diambil untuk studi di luar negeri dari jenjang S2 hingga S3. Jika tidak diubah, pengumuman beasiswa Kemendikbud akan disampaikan pada Mei mendatang.

10. Beasiswa Tujuan Misi Kemenag

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan