Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri

  • Bagikan
Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri
Seleksi Tanpa Tes Telkom University, foto mahasiswa Telkom University sumber telkomuniversity.ac.id

News.schmu.id, Edupedia – Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri, kali ini mimin akan membuat daftar apa saja sih Jenis Beasiswa dalam dan luar negeri. Bukan hanya itu mimin juga akan berbagi bagaimana cara mendapatkan beasiswa.

Info Beasiswa Luar Negeri

LoA Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021
Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri, LoA Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021

Sejumlah program beasiswa luar negeri memiliki reputasi yang baik. Tidak diragukan lagi, puluhan ribu mahasiswa asing memperjuangkannya setiap tahun. Besarnya beasiswa ini karena fasilitas yang diberikan oleh para donatur.

Umumnya, mereka telah menutupi biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, biaya penelitian, dan bahkan perumahan. Penerima beasiswa tidak mengeluarkan satu sen pun untuk kebutuhan studi. Padahal, sebelum berangkat ke negara tujuan hingga kepulangannya, tiket pesawat sudah ditanggung.

Beasiswa populer ini ditawarkan oleh berbagai donor. Beberapa ditawarkan melalui konsorsium sejumlah negara, lembaga pemerintah, yayasan, atau organisasi nirlaba. Beasiswa ini tersebar di sejumlah negara. Umumnya terletak di benua Eropa, Amerika, dan Australia. Siswa yang berprestasi, berbakat, dan memiliki jiwa kepemimpinan lebih sering menjadi pertimbangan.

10 Daftar Beasiswa Luar Negeri

beasiswa tanoto foundations
Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri, beasiswa tanoto foundations foto via canva.com

1. Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah salah satu beasiswa luar negeri dengan reputasi global. Beasiswa Pemerintah Amerika Serikat ini ditawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa dialokasikan setiap tahun. Selain ditujukan untuk mahasiswa asing, Fulbright juga tersedia untuk warga negara AS. Setidaknya 294.000 adalah alumni Fulbright yang terdaftar.

Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengelola kerjasama pertukaran pelajar AS-Indonesia. Beasiswa Fulbright ditawarkan dalam berbagai jenis, antara lain Program Gelar Inisiatif Magister Sains & Teknologi Fulbright, Program Magister Fulbright-DIKTI, Beasiswa Kepresidenan Fulbright, Program Magister Fulbright-Freeport, dan beberapa jenis lainnya.

Selain beasiswa Fulbright, penerima beasiswa diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi di berbagai kampus ternama di AS. Kesempatan ini sangat terbuka bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Selain membayar uang sekolah, Fubright juga memberikan tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

2. Beasiswa Erasmus +

Jika Anda mencari beasiswa kuliah di Eropa, Erasmus + Scholarship (sebelumnya Erasmus Mundus) layak untuk dipertimbangkan. Beasiswa ini dikelola dengan dana besar karena melibatkan konsorsium beberapa negara. Sekitar 27 negara di Eropa berpartisipasi. Dalam kurun waktu 2009-2013 saja, ada 5.300 beasiswa S2 yang ditawarkan dan 440 beasiswa yang diberikan untuk studi S3.

Erasmus+ sendiri merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa kepada dunia luar. Ratusan jenis beasiswa ditawarkan melalui konsorsium yang sudah mapan. Selain menutupi biaya kuliah di Eropa, beasiswa Erasmus Mundus juga mencakup biaya hidup, akomodasi, asuransi, dan biaya perjalanan.

3. Beasiswa DAAD

Seperti Amerika Serikat, Jerman adalah salah satu tujuan studi utama bagi siswa di seluruh dunia. Kredibilitas pendidikan di negeri ini sudah tidak diragukan lagi. Sederet nama orang berpengaruh ini berasal dari Jerman, sebut saja mantan Presiden Republik Indonesia BJ Habibie.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke Jerman, tawaran beasiswa DAAD bisa menjadi solusinya. Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang, baik di Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur.

Setiap tahun beasiswa DAAD digulirkan secara rutin. Penerima beasiswa akan ditanggung untuk biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan manfaat lainnya. Setiap tahun sekitar 70.000 beasiswa diberikan.

4. Beasiswa Chevening

Salah satu beasiswa luar negeri paling populer di Eropa adalah beasiswa Chevening. Beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Inggris kepada siswa internasional melalui pendanaan Foreign and Commonwealth Office (FCO). Beasiswa Chevening telah ditawarkan sejak 1983 dan saat ini melayani 116 negara di seluruh dunia (di luar AS dan Uni Eropa). Setiap tahun sekitar 700 beasiswa diberikan dan memiliki lebih dari 41.000 alumni.

Beasiswa Chevening secara khusus menarik individu-individu berbakat dengan potensi kepemimpinan. Selain biaya kuliah magister, penerima beasiswa juga mendapatkan tiket perjalanan, biaya persiapan skripsi, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan sekitar £917 – £1.134. Di Indonesia khususnya, sekitar 25 beasiswa diberikan pada tahun 2013 dan kemungkinan akan meningkat di tahun mendatang.

Baca juga: Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation

5. Beasiswa Australia Awards

Australian Awards sebelumnya disebut Australian Development Scholarship (ADS). Beasiswa Pemerintah Australia ini khusus untuk negara berkembang. Beasiswa Australia Awards terbuka untuk pelajar dari Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, termasuk Asia Selatan dan Papua

Di Indonesia, beasiswa Australia Awards ditawarkan untuk jenjang studi S2 dan S3 dengan pilihan studi di sejumlah universitas Australia. Penerima beasiswa akan ditanggung untuk biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, perumahan, tiket perjalanan, dan beberapa fasilitas lainnya. Beasiswa Australia ini diberikan secara rutin setiap tahun, dan Indonesia adalah salah satu prioritas mereka.

6. Beasiswa Eiffel

Kuliah di Perancis bukanlah hal yang mustahil untuk kamu wujudkan. Beasiswa Eiffel adalah salah satu cara untuk mencapai impian Anda di sana. Seperti DAAD, beasiswa Eiffel menawarkan kesempatan studi sarjana dan pascasarjana di sejumlah universitas di Prancis.

Pelamar yang berhasil akan menerima tunjangan bulanan 1.000 – 1.400 euro, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi. Biaya hanya dikeluarkan saat mendaftar di universitas tujuan. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Prancis memberikan bantuan sekitar 10.000 euro, baik warga negara Prancis maupun orang asing. Biaya kuliah di Prancis sendiri relatif murah, sehingga banyak dari mereka yang tidak mempermasalahkannya.

7. Beasiswa Cambridge Gates

Beasiswa Gates Cambridge adalah program beasiswa Bill and Melinda Gates Foundation yang ditujukan untuk University of Cambridge Inggris. Beasiswa ini sangat bergengsi karena menarik orang-orang brilian dari seluruh dunia dengan persaingan yang begitu ketat. Lebih dari 4,000 pelamar mendaftar untuk beasiswa ini setiap tahun. Kuota beasiswa yang disiapkan sekitar 90 per tahun.

Manfaat bagi Anda yang menerima beasiswa Gates Cambridge antara lain biaya kuliah, tunjangan £13,000, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya. Beasiswa ini mencari pelamar dengan prestasi cemerlang, jiwa kepemimpinan, dan komitmen terhadap kehidupan sosial. Mungkin Anda salah satunya?

8. Beasiswa NFP

Jika Anda sudah memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman kerja dan ingin melanjutkan pendidikan Anda di luar negeri, Program Beasiswa Belanda (NFP) mungkin adalah jawabannya. Beasiswa pemerintah Belanda ini membuka kesempatan bagi para profesional untuk menempuh studi di negeri kincir angin tersebut, seperti short course, master’s degree, atau master’s degree. Beasiswa NFP kompetitif karena kesempatan ini terbuka untuk 62 negara, sehingga mereka harus bersaing keras. Jika dipilih, semua manfaat tertunda, seperti biaya sekolah, biaya hidup, visa, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan biaya penelitian.

9. Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Monbukagakusho bisa menjadi solusi bagi yang berminat melanjutkan studi di Jepang. Setiap tahun beasiswa pemerintah Jepang ini ditawarkan melalui kedutaan masing-masing, atau berdasarkan rekomendasi universitas di Jepang seperti pertukaran pelajar. Beasiswa Monbukagakusho memiliki hingga 92.000 alumni yang tersebar di 160 negara. Setiap tahun ribuan mahasiswa asing belajar di Jepang melalui beasiswa Monbukagakusho.

Beasiswa Monbukagakusho menawarkan sekitar tujuh jenis beasiswa setiap tahun. Lima di antaranya, mahasiswa riset, mahasiswa pelatihan guru, mahasiswa sarjana, mahasiswa studi Jepang, dan mahasiswa teknologi. Bagi para pemenang beasiswa, mereka mendapatkan perlindungan biaya kuliah di Jepang, tiket pesawat PP, biaya masuk universitas, serta uang saku bulanan sekitar 143 ribu yen.

10. Beasiswa Endeavour

Beasiswa Endeavour adalah salah satu beasiswa pemerintah Australia yang paling kompetitif. Peluang beasiswa ini terbuka untuk warga negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan antara lain, Endeavour Postgraduate Scholarship, Endeavour Australia Cheung Kong Research Fellowship, Endeavour Research Fellowship, Endeavour Vocational Education and Training Scholarship, dan Endeavour Executive Fellowship.

Pemenang Special Endeavour Postgraduate Award akan mendapatkan uang sekolah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tiket perjalanan. Nilai total beasiswa adalah $AUD 140,500 untuk master dan $ AUD 228,000 untuk doktor (PhD). Sementara beasiswa Australian Asia Incoming Postgraduate Award dari Perdana Menteri yang tersedia untuk studi PhD diberikan hingga $ AUD 272,500.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan