Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Guru Jerman Ini Menjelaskan 7 Hal Terkenal di Jerman kepada Arek-Arek SD Mudipat

  • Bagikan
Guru Jerman Ini Menjelaskan 7 Hal Terkenal di Jerman kepada Arek-Arek SD Mudipat

SURABAYA, News Schmu – Guest Teacher (guru tamu) asal Jerman Mr. Tom sudah sebulan berada di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (SD Mudipat). Banyak hal yang diajarkan atau perkenalkan kepada siswa Mudipat sejak September hingga Oktober 2022 ini. Mr. Tom mengajar di kelas-kelas Cambridge International Program (CIP) SD Mudipat.

Ada hal menarik saat Mr. Tom itu menjelaskan 7 hal yang paling terkenal dari negaranya: Jerman, di Auditorium TMB Mudipat, Selasa (4/10/2022) pagi.

Sebelum memulai belajar, ia kembali mengenalkan dirinya sebagai pecinta kucing dan olahraga badminton. Kesukaannya itu mendapat sambutan dari siswa-siswi kelas 3 Mudipat. “I like cat too,” Ucap Haura kelas III-I.

Setelah memperkenalkan diri, ia menceritakan tentang empat musim di sana. Pertama, musim panas (summer). Musim ini adalah musim turis. Karena summer menunjukkan keindahan Jerman. Suhu udaranya pun antara 20⁰-25⁰ C. Di masa itulah waktu yang paling tepat untuk mendaki. Kedua, musim gugur (autumn). “Pada musim ini adalah waktu pohon-pohon menggugurkan daunnya. Suhunya pun bisa sampai 0⁰ C,” jelasnya.

Di musim ini pun biasa diadakan Octoberfest yang terkenal di Jerman. Ketiga, musim dingin (winter). “Wow! Is it snow?” ucap siswa kelas 3 terkagum-kagum melihat gambar salju yang ditunjukkan oleh Mr. Tom. Bagian utara dari Jerman cenderung hangat saat musim dingin. Namun, bagian selatannya sangat dingin mencapai -20⁰ C. Keempat, musim semi (spring). Pada musim ini, bunga-bunga indah bermunculan.

Pecinta kucing ini pun menceritakan tujuh hal yang identik dengan Jerman. Pertama adalah roti. Setiap daerah memiliki khas roti yang berbeda-beda, dari bentuk dan teknik pembuatannya. Kedua adalah bir. Ia menjelaskan bahwa bir adalah bagian dari kultur Jerman. “There is 0% alcohol beer,” ia pun menegaskan bahwa tidak semua bir beralkohol. Ketiga adalah mobil.

Mobil produksi Jerman sangat mendunia seperti Mercedez-Benz, BMW, dan Audi. Keempat adalah istana. “If you want to feel like you are part of a fairy tale, than you must visit the castles of Germany,” jelasnya. Kelima, sosis. “Meeee,” ucap siswa serentak saat ditanya siapa yang suka sosis. Keenam, musik. Jerman adalah pasar musik terbesar ketiga di dunia. Terbesar pertama di Eropa. Terakhir adalah Berlin. Ibu kota Jerman ini sangat terkenal di seluruh penjuru dunia.

Terakhir, sesi pertanyaan adalah sesi paling ditunggu oleh siswa. Mereka bertanya banyak hal tentang makanan kesukaan, apa yang paling disuka di Indonesia, mengapa ke Indonesia, hingga tebak-tebakan umur Mr. Tom yang dijadikan candaan oleh beliau.

Direktur Cambridge International Program (CIP) Ustadzah Siti Zubaidah menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah wawasan global bagi siswa Mudipat. Juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi dengan orang asing.

“Yang terpenting dalam program ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa,” tutur wali kelas II-G itu. (erfin/mul)

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan