Gelar Pokajum, Cara MIM 1 Pondok Modern Paciran Kurangi Penggunaan Handphone Anak Didiknya | Viral Pencerahan

Kamis-Jumat Kegiatan Pondok (Pokajum) yang diselenggarakan oleh MIM 1 Pondok Modern Paciran. (Aris Syahroni/KLIKMU.CO)

KlikMU.CO – Liburan akhir pekan biasanya menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa agar bisa bersantai dan berlibur bersama keluarga. Namun keadaan siswa di MIM 01 Pondok Modern Paciran berbeda. Pasalnya, Kamis-Jumat (4-5/8/2022) digelar Kegiatan Pondok Pesantren (Pokajum) Kamis-Jumat.

Kegiatan ini diikuti oleh 45 siswa kelas V dan VI. Kegiatan ini bertemakan “Membentuk Akhlaqul karimah, menyiapkan generasi yang bertaqwa”.

Kepala Madrasah, Drs. Nur Rofiq mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan unggulan dan rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali. “Kami berharap melalui kegiatan ini kita dapat membentuk siswa kita untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan,” ujarnya.

Selain membiasakan kedisiplinan, kegiatan ini juga akan melatih anak-anak untuk lebih giat dalam beribadah, karena dalam kegiatan ini juga terdapat pembiasaan shalat Tahajud dan Dhuha.

Koordinator kegiatan, Rosyad Nurdin, S.Pd mengatakan, kegiatan ini sengaja diadakan pada hari libur akhir pekan. Hal ini dikarenakan hal ini sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan smartphone saat berlibur di rumah, agar anak dapat diarahkan pada aktivitas yang lebih bermakna.

“Selain itu pada saat kegiatan anak akan terbentuk karakter Akhlaqul Karimah, dengan kegiatan yang menjadi ciri Akhlaqul Karimah, misalnya menghormati dan menaati guru, membuang sampah pada tempatnya,” jelasnya.

Selama 2 hari, para peserta tinggal di madrasah dan menjalani kegiatan layaknya anak-anak di pesantren, seperti menghafal hadits harian, berlatih berbicara (muhadhoroh) dan juga tahsin untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta. (Aris Syahroni/RF)

Sumber: www.klikmu.codengan judul Gelar Pokajum, Cara MIM 1 Pondok Modern Paciran Kurangi Penggunaan Handphone Anak Didiknya | Viral Pencerahan https://klikmu.co/gelar-pokajum-cara-mim-1-pondok-modern-paciran-kurangi-penggunaan-handphone-anak-didiknya/

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Baca Juga:   Ternyata Mesin Handpress KH Ahmad Dahlan Ada di Surabaya

Terkini