Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Dosen UAD Adakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi

  • Bagikan
Dosen UAD Adakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi

Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan dasar kepemimpinan dan organisasi Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Foto: Istimewa)

Ariadi Nugraha, S.Pd., M.Pd. dan Agungbudiprabowo, S.Pd., M.Pd., dua dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) mengadakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada Kamis, 20-10-2022. Kegiatan ini diikuti oleh 27 pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolah tersebut.

Acara dibuka secara langsung oleh Drs. H. Slamet Purwo selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Ia mengaku sangat senang dan mengapresiasi adanya kegiatan ini. “Jiwa kepemimpinan dalam diri siswa memang perlu dipupuk sejak dini, terlebih lagi mereka adalah kader penerus dakwah persyarikatan,” terang Slamet dalam sambutannya.

Dalam pelaksanaannya, tim dosen UAD merancang metode pelatihan berdasarkan project based learning. Melalui sebuah permainan bertajuk “Jembatan Harapan”, siswa belajar tentang manajemen organisasi mulai dari planning, organizing, actuating, dan controlling. Mereka juga diberi pemahaman seputar gaya kepemimpinan yang baik dalam organisasi.

Ariadi selaku eksekutor program menuturkan bahwa pelatihan ini merupakan wadah bagi para siswa untuk mempertajam soft skill mereka dalam hal organisasi dan kepemimpinan. IPM sebagai salah satu organisasi otonom (ortom) merupakan anak kandung yang akan melanjutkan misi dakwah Muhammadiyah di masyarakat. “Menjawab tantangan tersebut, kalian harus mampu menghadirkan mentalitas yang kokoh dalam berorganisasi,” jelas Ariadi.

Melalui pelatihan tersebut, para siswa diharapkan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terkait manajemen dalam organisasi dan kepemimpinan. SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta selaku mitra berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan secara berkelanjutan agar siswa dapat merasakan dampak positifnya. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan