Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Dindikpora Bantul Harapkan “UAKC” Menjadi Kejuaraan Tapak Suci Berkelanjutan

  • Bagikan
Dindikpora Bantul Harapkan “UAKC” Menjadi Kejuaraan Tapak Suci Berkelanjutan

BANTUL, News Schmu – Kejuaraan Tapak Suci Antar Sekolah Dasar se Daerah Istimewa Yogyakarta “UAKC I” akan dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 Oktober 2022 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul. Kegiatan ini digelar oleh Pimda 02 Tapak Suci Bantul dengan sponsor utama SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Panitia kejuaraan telah melaporkan kesiapannya menggelar Unggulan Aisyiyah Kids Championship I (UAKC I) ini dalam audiensi dengan Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

Audiensi diterima pada Kamis 29 Oktober 2022 di Kantor Dinas Dikpora Bantul oleh Sekretaris Dinas Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, Kabid Sekolah Dasar Drs. Edi Sutrisno, M.Pd, dan Kabid Pora Andus Sarwana, SH. Ketua panitia “UAKC I” Diah Nurmei Choirunnisa, S.Pd menjelaskan bahwa dalam audiensi panitia menyampaikan tujuan digelarnya even ini sebagai bentuk fasilitasi pembinaan bibit atlet pencak silat usia dini.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung rutin tahunan dengan segmen siswa sekolah dasar, untuk itu panitia mohon ijin dan rekomendasi dari Dinas Dikpora sebagai institusi Pembina Pendidikan dan olahraga. Panitia juga memohon perkenan Dinas Dikpora untuk memberikan sebuah Piala Bergilir untuk Juara Umum I yang setiap tahun akan diperebutkan kembali. Panitia juga mengharapkan Kepala Dinas Dikpora hadir dalam pembukaan, menyampaikan motivasi dan pengarahannya sekaligus membuka even secara resmi.

Menanggapi kunjungan dari panitia kegiatan, Dinas Dikpora Bantul melalui Sekdin Dr. Titik Sunarti menyambut baik dan mengapresiasi upaya Tapak Suci yang didukung SMP Unggulan Aisyiyah Bantul dalam memfasilitas wahana pembinaan pencak silat usia dini melalui turnamen “UAKC”.

Dinas Dikpora juga mendukung kegiatan ini melalui rekomendasinya sebagai even rutin tahunan siswa SD, dan akan memberikan Tropi Bergilir bagi juara umum untuk diperebutkan setiap tahun. Kepala Dinas Dikpora tentu akan hadir membuka dan menyampaikan sambutan pengarahannya. Namun apabila mendapat disposisi untuk mewakili Bupati kegiatan lain, insya Alloh Pak Kadinas akan menugaskan pejabat lain di jajarannya untuk hadir di pembukaan UAKC.

Sekdin Titik Sunarti juga berpesan kepada semua pesilat yang berlaga pada even ini untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas, sehingga gelar juara yang diraihnya adalah prestasi terbaik dalam balutan keluhuran akhlaq. Selaras dengan harapan Dinas Dikpora, Diah Nurmei selaku ketua panitia menambahkan bahwa even ini juga akan memilih pesilat terbaik putra dan pesilat terbaik putri.

Diah menjelaskan bahwa kriteria pesilat terbaik adalah meraih juara dengan menampilkan Teknik yang baik, berlaga penuh semangat, akhlaq perilaku simpatik dan santun, serta sangat minimalis melakukan pelanggaran. Untuk penghargaan pesilat terbaik putra mendapatkan tropi dari Kapolres Bantul, sedangkan pesilat terbaik putri tropi dari Dandim 0729 Bantul. (Yudha/Riz)

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan