Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

CSR Bukan Hanya Sekedar Program Philantropy

  • Bagikan
CSR Bukan Hanya Sekedar Program Philantropy

Makin meningkatnya perhatian terhadap implementasi program Corporate Socail Responsibilty (CSR) menandai era kebangkitan masyarakat. Sehingga seharusnya CSR tidak hanya menekankan pada aspek Philantropy. Melainkan mendorong program kemanusiaan yang bersumber dari norma dan etika universal untuk menolong sesama. Dari latar belakang tersebut, Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta adakan kegiatan Visiting Lecturer yang mengangkat temaCSR.

Kegiatan visiting lecturer kali ini mendatangkan Ondrej Castek dari Masaryk University, Chekoslavia sebagai pembicara. Ondrej Castek menyampaikan materi terkait Intercultural diferrence affecting Corporate Social Responsibility. Dalam paparan materinyaOndrej Castek dari menuturkan Program CSR juga harusnya memperjuangkan pemerataan sosial maupun level strategi, melainkan harus makin diperluas pada tingkat kebijakan yang lebih makro dan riil.

“Untuk menjamin keberhasilan CSR, pengalaman dan pengetahuan khusus sangat diperlukan, sehingga perusahaan harus dapat belajar dari pengalaman perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan program CSR sebagai salah satu kebijakan manajemen perusahaan”

Senada dengan Ondrej, pembicara kedua Seto Satriyo Bayu Aji menunjukkan bagaimana implementasi program CSR di berbagai negara khususnya di Indonesia. “Hasil riset yang saya lakukan menunjukkan bahwa masyarakat punya harapan yang lebih terhadap pelaksanaan program CSR” Ujar Seto menambahkan. Kegiatan Visiting Lecturer ini dimoderatori langsung oleh Kepala Prodi Akuntansi UNISA Yogyakarta, Rigel Nurul Fathah. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini terlihat dari begitu banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara.  Harapannya melalui kegiatan ini mahasiswa dapat memiliki wawasan terkait penerapan CSR di berbagai belahan dunia dan di Indonesia.

Artikel CSR Bukan Hanya Sekedar Program Philantropy pertama kali tampil pada Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Unisa Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan