21 Cerita Dongeng Anak Singkat Terbaik Sebelum Tidur

news.schmu.id : Cerita Dongeng Anak Pendek — Cerita dongeng bagi anak merupakan cerita sederhana yang tidak benar-benar terjadi hanya fiksi atau legenda semata misalnya kejadian- kejadian aneh di jaman dahulu dan berfungsi sebagai hiburan dan menyampaikan pesan ajaran moral.

Sebagai orang tua, hendaknya mendidik anaknya dengan baik agar kelak menjadi anak yang baik. Salah satu cara untuk mendidik anak adalah dengan menceritakan sebuah cerita dengan pesan moral agar dapat menjadi pelajaran kepada anak ketika sebelum tidur. Salah satu cerita yang dapat diceritakan kepada anak adalah cerita dongeng.

Dongeng termasuk ke dalam karya sastra lama berbentuk lisan dari orang ke orang maupun dibukukan menjadi sebuah tulisan. Cerita dongeng biasanya mengisahkan kejadian fiksi atau khayalan.

Tokoh dalam cerita dongeng juga dapat berupa hewan atau makhluk fiksi lain. Oleh karenanya, cerita dongeng sering diminati oleh kalangan anak-anak karena pada usianya anak-anak senang berkhayal tentang hal-hal yang seru dan ajaib.

Cerita Dongeng Singkat
Cerita Dongeng Anak Singkat gambar via titikdua.net

Dongeng  Anak Pendek (singkat) Terbaik

Meskipun cerita dongeng termasuk ke dalam cerita fiksi, dongeng memiliki pesan moral yang terkandung di dalam ceritanya. Terdapat pelajaran penting yang terkandung di dalam ceritanya dan dibalut dengan kejadian-kejadian yang menghibur.

Selain itu, cerita dongeng juga termasuk cerita dengan bahasan yang ringan atau dapat dengan mudah dipahami oleh semua kalangan. Alur penulisannya pun sangatlah singkat sehingga dongeng dapat diselesaikan dalam sekali baca. Sehingga, dongeng dapat dijadikan sebagai bahan bacaan untuk mengantarkan si anak tidur.

Terdapat berbagai macam cerita dongeng di berbagai daerah. Berikut merupakan sebagian cerita dongeng yang sering diceritakan oleh masyarakat :

#1. Cerita Dongeng: Si Kura-Kura yang Sombong

Cerita Dongeng Anak Singkat Si Kura-Kura yang SombongCerita Dongeng Anak Singkat Si Kura-Kura yang Sombong gambar via ipincow.com

Ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat.

Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.

Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.

Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga.

Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.

#2. Dongeng Singkat: Burung Hantu dan Belalang

Terkini