Cara Dapat Beasiswa Kuliah Secara Gratis, Lengkap Dengan Persyaratanya!

Edu Pedia:: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah. Keterbatasan biaya bukanlah alasan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika Anda tahu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis, Anda dapat dengan mudah mencapai impian dan ambisi Anda.

Untuk meningkatkan kualitas dan kualitas generasi penerus bangsa, saat ini banyak lembaga yang memberikan beasiswa kuliah secara gratis. Beasiswa tersebut tidak hanya untuk kuliah di dalam negeri tetapi ada juga yang menawarkan beasiswa ke luar negeri.

Dengan banyaknya penawaran dan jenis beasiswa kuliah yang tersedia saat ini, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengejar cita-cita tertinggi.

Dulur Edu Mu sekarang kita membahas tuntas tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Tidak terlihat lagi!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Mencari beasiswa kuliah bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya. Nah berikut ini cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang perlu kamu ketahui.

Cara Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi Gratis

1. Rajin Cari Informasi Program Beasiswa

Jika ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis, jangan malas mencari informasi tentang beasiswa. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada pihak sekolah atau kampus. Biasanya sekolah atau kampus memiliki banyak koneksi dengan institusi yang menyediakan beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu coba.

Selain pihak sekolah, jangan malu juga untuk bertanya kepada teman atau saudara yang lebih berpengalaman sebagai alternatif cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini.

Anda juga bisa melakukan riset sendiri dengan mencari informasi di internet atau media sosial. Banyak lembaga memberikan program beasiswa yang digagas melalui media sosial agar informasi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, pastikan Anda rajin mencari informasi jika ingin mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri atau di dalam negeri.

2. Memiliki Prestasi Akademik yang Baik

Beasiswa memang memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah beasiswa prestasi akademik. Syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini adalah harus memiliki nilai yang bagus dan memiliki berbagai prestasi yang membanggakan selama kuliah. Spesifikasi mahasiswa berprestasi ini dimaksudkan agar mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk kepentingan lembaga penyelenggara dan bangsa.

3. Memenuhi Persyaratan Beasiswa

Agar tepat sasaran dan mempermudah proses seleksi, penyelenggara beasiswa perguruan tinggi biasanya memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh semua pelamar. Hampir semua jenis beasiswa mencantumkan persyaratan yang sesuai dengan kebutuhan penyelenggara.

Salah satu syarat utamanya adalah pendaftar tidak sedang menerima beasiswa dari manapun. Persyaratan lainnya seperti memastikan kelulusan tepat waktu, memiliki prestasi akademik yang baik, berperilaku baik, dan juga melengkapi dokumen persyaratan yang dipersyaratkan.

4. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Selain persyaratan kualifikasi seperti di atas, calon penerima beasiswa perguruan tinggi juga harus bisa melengkapi persyaratan dokumen. Setiap jenis beasiswa memiliki persyaratan dokumen yang berbeda. Misalnya, dokumen diperlukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Korea.

Tidak seperti beasiswa untuk pergi ke Jepang atau Belanda. Jadi Anda harus menyiapkan dokumen sesuai dengan jenis beasiswa yang dipilih.

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa antara lain formulir, surat keterangan tidak mampu, kartu keluarga, KTP, SKCK dan sejenisnya. Untuk lebih memastikan calon penerima beasiswa memiliki prestasi, pihak penyelenggara juga akan meminta bukti sertifikat untuk dilampirkan dalam dokumen persyaratan cara mendapatkan beasiswa kuliah ini.

5. Menguasai bahasa Inggris

Calon mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, apalagi jika mereka sedang menempuh pendidikan di universitas ternama di luar negeri. Umumnya, beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan Anda memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi, minimal 500.

Oleh karena itu jika Anda berencana untuk mencari beasiswa kuliah, ada baiknya Anda mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris Anda dari jauh. Selain menjadi nilai plus, menguasai bahasa Inggris dengan baik dapat mempermudah untuk mendapatkan beasiswa kuliah, apalagi jika Anda sedang mencari universitas di luar negeri.

6. Menangkan Persaingan di Universitas Incaran

Ada beberapa universitas yang menawarkan beasiswa kuliah bagi mahasiswa yang bisa memenangkan kompetisi di kampus. Jenis beasiswa ini biasa disebut dengan beasiswa jalur prestasi. Cara ini bisa Anda gunakan jika ingin kuliah di universitas tujuan sekaligus mendapatkan beasiswa khusus.

Beberapa kampus yang menggunakan metode ini antara lain Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Strategi ini juga digunakan sebagai cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UGM atau universitas lain yang sering mengadakan kompetisi untuk menyaring calon penerima beasiswa.

7. Pilih Kampus dengan Asosiasi Layanan

Memilih kampus dengan ikatan dinas juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa. Beberapa kampus yang memiliki ikatan dinas antara lain STAN, STIS, STSN, dan IPDN. Tidak hanya menawarkan cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis, kampus dengan ikatan layanan juga menjamin kontrak dengan layanan terkait setelah lulus.

Cara Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah

Cara Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah
Cara Mendapatkan KIP Kuliah

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah telah membuat program bantuan pendidikan yang disebut KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah. Dengan memiliki kartu ini, Anda berkesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi secara gratis.

KIP Kuliah dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis bagi mahasiswa yang berprestasi. Nah, berikut ulasan lengkap cara mendapatkan beasiswa kuliah menggunakan KIP Kuliah yang perlu kamu ketahui.

1. Apa itu Kuliah KIP?

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Untuk mendapatkan beasiswa ini, penerima beasiswa harus mampu mempertahankan prestasi selama menempuh studi yang sama.

Pemegang KIP Kuliah akan mendapatkan beberapa fasilitas pembiayaan, antara lain:

  • Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya
  • KIP Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN 2020 serta seleksi lainnya yang ditentukan oleh masing-masing panitia dan Universitas
  • Penggantian biaya kedatangan pertama untuk mendaftar KIP Kuliah yang ditunjuk sebagai penerima KIP Kuliah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Syarat Memperoleh KIP Kuliah

Dilansir dari https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan, persyaratan untuk mendapatkan KIP Kuliah sebagai salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah dibagi menjadi dua jenis, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan umum untuk mendapatkan KIP Kuliah:

  1. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun lebih awal
  2. Memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung oleh bukti dokumenter yang valid
  3. Telah lulus seleksi atau tes penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur penerimaan baik PTN maupun PTS yang terakreditasi

2. Persyaratan khusus bagi penerima KIP Kuliah:

  1. KIP Kuliah adalah cara memperoleh beasiswa kuliah bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas menyasar mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmatif (Papua dan Papua Barat serta 3T dan TKI ) serta siswa yang terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.
  2. Keterbatasan ekonomi calon penerima Kuliah KIP dibuktikan dengan:
    Memiliki program bantuan pendidikan nasional (KIP)
  3. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  4. Siswa dari panti asuhan.
  5. Siswa dari keluarga yang berada dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Alur Pendaftaran KIP Kuliah Setiap mahasiswa yang baru lulus dan memiliki KIP berkesempatan untuk mengikuti program KIP Kuliah. Alur pendaftaran cara mendapatkan KIP Kuliah adalah sebagai berikut:

  •  Melakukan pendaftaran online pada website sistem KIP Kuliah di halaman http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah keliling.
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif
    Sistem akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah
  • Jika validasi berhasil maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  • Mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Mahasiswa menyelesaikan proses registrasi di portal atau sistem informasi seleksi nasional untuk masuk ke universitas sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  • Verifikasi oleh Universitas calon penerima KIP diterima di Universitas

4. Manfaat Kuliah KIP

Para penerima KIP Kuliah akan mendapatkan berbagai keuntungan dari cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini, beberapa di antaranya adalah:

Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta seleksi lainnya yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)

Bebas biaya SPP/pendidikan, nanti biayanya langsung dibayarkan ke pihak kampus
Bantuan biaya hidup mulai tahun ajaran 2021/2022. Biaya hidup ditentukan oleh Puslatdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah LPDP

Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP
Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

Bagi Anda yang ingin kuliah dengan biaya ditanggung pemerintah, daftar beasiswa LPDP bisa menjadi solusi terbaik. Nah, berikut ini cara mendapatkan beasiswa program LPDP yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: 3 Jenis Beasiswa LPDP 2021

1. Apa itu Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah pengawasan Kementerian Keuangan. Beasiswa ini dimaksudkan untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter pemimpin, profesional, ilmuwan dan teknokrat. Beasiswa LPDP menawarkan dana kuliah baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai jurusan, termasuk kedokteran.

LPDP memiliki beberapa program beasiswa yang ditawarkan mulai dari jenjang D4/S1, S2, hingga S3 atau doktoral. Berikut beberapa program beasiswa yang ditawarkan LPDP, antara lain:

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Disertasi
  • Beasiswa Dokter Spesialis
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Regional Spesialis
  • Beasiswa Alumni Bidikmisi
  • Meraih Beasiswa Perorangan dari Keluarga Miskin/Pra Sejahtera
  • Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Budaya, dan Keagamaan
  • Beasiswa Disabilitas
  • Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  • Beasiswa Mahasiswa
  • Beasiswa Prestasi Olimpiade dalam Sains, Teknologi, dan Keterampilan / Kepanduan Bakat
  • Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia
  • Program Pendanaan Bersama

2. Persyaratan Memperoleh Beasiswa LPDP

Bagi Anda yang berminat dengan beasiswa ini, berikut persyaratan untuk mendapatkan beasiswa LPDP yang dibutuhkan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus dengan gelar sarjana atau terapan (S1/D4) dan memenuhi kualifikasi untuk program magister.
  2. Memiliki surat keterangan yang diterbitkan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah, Puskesmas, Klinik Pemerintah dengan masa berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum penutupan pendaftaran pada setiap periode pendaftaran dengan ketentuan: Surat keterangan sehat dan bebas narkoba, berlaku untuk semua pendaftar BPI Reguler.
  3. Sertifikat bebas TBC, khusus untuk pendaftar BPI Regular tujuan luar negeri. Memperoleh rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/belum bekerja, atau rekomendasi dari pemberi kerja bagi yang sudah bekerja.
  4. Hanya pendaftar dari PNS, TNI, dan POLRI yang harus mendapatkan izin dari unit yang menangani sumber daya manusia atau personel untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP.
  5. Memiliki dan memilih bidang ilmu, program studi dan perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan LPDP
  6. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang diberikan oleh LPDP, termasuk kesediaan untuk kembali ke Indonesia jika belajar di luar negeri
  7. Memenuhi batasan usia yaitu pendaftar pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran maksimal berusia 35 tahun
  8. Telah menyelesaikan studi pada program sarjana
  9. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari tingkat studi sebelumnya minimal 3,0 pada skala 4
    Apabila penerima beasiswa menyelesaikan studi lebih dari 24 bulan maka harus mendapat izin tertulis dari LPDP dan pembiayaan beasiswa ditanggung oleh Penerima Beasiswa.

3. Alur Pendaftaran Beasiswa LPDP

Cara mendapatkan beasiswa kuliah dari LPDP pemerintah, ada beberapa langkah yang kamu perlu ketahui sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran online pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id
  • Unggah dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam dan luar negeri
  • Unggah seluruh persyaratan dan/atau dokumen pendukung terkait remisi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

4. Manfaat Beasiswa LPDP

Dengan mendapatkan beasiswa kuliah LPDP ini, akan ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti:

  • Biaya kuliah ditanggung oleh negara.
  • Perluas jaringan.
  • Penerima beasiswa LPDP memiliki peluang lebih besar untuk diterima kerja karena LPDP termasuk program beasiswa bergengsi sehingga banyak perusahaan yang mengantre untuk mendapatkan lulusannya.
  • Meningkatkan self efficacy karena penerima beasiswa akan mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda tergantung dari program dan tujuan dari beasiswa yang diambil.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Mendaftar Bidikmisi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis dengan dana penuh dari pemerintah. Lalu sebenarnya apa sih beasiswa Bidikmisi itu? Untuk lebih jelasnya mengenai beasiswa ini simak ulasan berikut ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa-Bidikmisi
Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

1. Apa itu Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi pra sejahtera. Bidikmisi diberikan secara gratis oleh pemerintah kepada mahasiswa berprestasi.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya kuliah penuh dari pemerintah yang berlaku selama 8 semester. Penerima bidikmisi juga akan mendapatkan biaya hidup selama masa studi dalam jumlah yang telah ditentukan. Dengan mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini, kamu bisa kuliah tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

2. Persyaratan Memperoleh Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi yang perlu dipersiapkan. Apa pun?

  1. Pendaftar adalah siswa SMA/SMK/MA/Sederajat
  2. Memiliki potensi akademik yang baik selama di sekolah, termasuk masuk 10 besar di sekolah
  3. Memiliki kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi
  5. Memiliki latar belakang ekonomi pra sejahtera dengan gabungan penghasilan bruto orang tua/wali senilai Rp 4.000.000 dibagi jumlah anggota keluarga maksimal 750.000
  6. Terdaftar dalam sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN dan NISN . yang valid

3. Alur Pendaftaran Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi terbagi menjadi beberapa tahapan, seperti:

  1. Buka website resmi Bidikmisi di http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id
  2. Pilih menu siswa
  3. Login dengan nomor registrasi dan kode akses yang diperoleh dari sekolah
  4. Pilih menu pilihan
  5. Pilih tombol ikuti seleksi pada kolom SBMPTN
  6.  Pendaftar akan mendapatkan KAP dan PIN yang dapat digunakan pada halaman pendaftaran SBMPTN di http://sbmptn.or.id

4. Manfaat Beasiswa Kuliah Bidikmisi

Penerima Beasiswa Bidikmisi akan mendapatkan berbagai manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Pembebasan biaya pendidikan selama masa studi
  2. Dapatkan uang saku gratis setiap bulan dalam jumlah yang telah ditentukan
  3. Bidikmisi tidak hanya menawarkan beasiswa untuk mahasiswa sarjana. Ada juga program beasiswa untuk pembiayaan sarjana. Namun, persyaratan untuk mendapatkan beasiswa S2 dari Bidikmisi pasti lebih kompleks jika dibandingkan dengan mahasiswa S1.

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Beberapa instansi pemerintah atau pemberi beasiswa terkadang mewajibkan calon penerima beasiswa untuk melampirkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat dan cara mendapatkan beasiswa kuliah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara dapat Surat Rekomendasi Kuliah Gratis
Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

1. Rekomendasi Pekerjaan

Rekomendasi kerja adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh atasan atau atasan langsung yang menilai kinerja Anda di perusahaan atau lembaga yang bersangkutan. Surat rekomendasi ini diberikan khusus untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja.

2. Rekomendasi Akademik

Surat rekomendasi beasiswa ini diberikan oleh guru atau dosen yang menilai kemampuan akademik dan/atau non-akademik Anda selama mengikuti kegiatan perkuliahan atau pembelajaran di lembaga pendidikan atau universitas yang bersangkutan.

Dalam surat rekomendasi ini, tidak hanya kemampuan akademik yang direkomendasikan, tetapi juga bentuk kreativitas lainnya seperti kegiatan berorganisasi, kegiatan mengikuti program kewirausahaan, dan sebagainya.

3. Referensi Karakter

Surat Rekomendasi Cara Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi selanjutnya disebut Referensi Karakter. Surat rekomendasi ini diberikan kepada individu tertentu yang merupakan tokoh terkenal, kerabat atau teman dekat yang memiliki hubungan pribadi dengan Anda. Misalnya, Anda pernah menjadi aktivis tokoh politik terkenal dan dia sangat terkesan dengan hasil kerja sama atau pekerjaan Anda.

Referensi Karakter adalah surat pribadi antara pemberi referensi dengan pemberi beasiswa sehingga biasanya pemberi beasiswa menginginkan surat rekomendasi dikirimkan dalam amplop tertutup dan ditandatangani oleh pemberi referensi.

Di zaman yang semakin canggih ini, mencari beasiswa bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Sudah banyak lembaga yang memberikan program beasiswa dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas generasi penerus bangsa.

Keterbatasan biaya bukanlah alasan jika Anda tahu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang menawarkan banyak keuntungan bagi penerimanya. Kunjungi Qoala Blog untuk mengetahui informasi menarik seputar produk asuransi dan informasi keuangan lainnya!

Baca juga: Info Beasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri

Terkini