Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Cara Klik Kanan Tanpa Mouse (Windows dan macOS)

  • Bagikan
Cara Klik Kanan Tanpa Mouse (Windows dan macOS)

Cara Klik Kanan Tanpa Mouse – Memiliki tikus dulu dianggap aneh. Ini adalah aksesori mahal yang hanya dapat dibeli oleh beberapa pengguna profesional.

Saat ini, mouse sederhana berharga sekitar $ 5, dan hampir semua sistem operasi komputer dirancang untuk bekerja dengan perangkat penunjuk yang ada di mana-mana ini.

mouse

Cara Klik Kanan Tanpa Mouse

Menggunakan komputer bisa lebih rumit jika mouse tidak berfungsi dan tidak dapat melakukan operasi klik kanan.

Setiap kali kita menggunakan Microsoft Word, Excel, perangkat lunak pengkodean atau alat desain grafis, kita harus mengklik kanan. Mengapa tidak menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa gangguan di komputer Windows atau macOS dengan mempelajari cara mengklik kanan tanpa mouse?

Mengapa menggunakan keyboard untuk klik kanan, bukan mouse?

Ada dua manfaat utama menggunakan keyboard daripada mouse saat menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Aksesibilitas adalah masalah pertama. Banyak orang dapat menggunakan keyboard tetapi tidak dapat menggunakan mouse karena jangkauan gerak mereka terbatas atau memiliki anggota tubuh yang lebih lemah.

Yang kedua melibatkan perangkat keras yang rusak. Anda mungkin perlu menggunakan komputer sambil menunggu penggantian atau perbaikan jika trackpad atau mouse Anda tiba-tiba berhenti berfungsi karena alasan apa pun.

Dalam beberapa kasus, menggunakan pintasan keyboard alih-alih mouse untuk mengelola komputer Anda mungkin lebih cepat dan efektif. Pengguna komputer profesional sudah mengetahui hal ini, karena pintasan keyboard biasanya diperlukan untuk alur kerja profesional.

Akibatnya, Anda mungkin lebih suka menggunakan beberapa pintasan keyboard daripada menggunakan mouse. Tidak ada yang salah dengan menyesuaikan kontrol komputer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana cara klik kanan pada PC Windows tanpa mouse?

Di sini, kita akan membahas 3 cara teratas untuk klik kanan tanpa menggunakan mouse.

Gunakan Tombol Konteks

Tombol konteks, terkadang dikenal sebagai tombol Menu, disertakan pada keyboard QWERTY 101 konvensional. Itu terletak di antara tombol Windows dan Ctrl di sebelah kanan.

Ikon untuk tombol ini biasanya berupa kotak menu dengan indikator di atasnya. Menu konteks klik kanan dapat diakses dengan menempatkan penunjuk tetikus pada komponen PC Windows apa pun dan kemudian menekan tombol Konteks.

Kunci-Konteks-1

Gunakan tombol pintas untuk klik kanan

Menggunakan tombol ‘Tab’ dan ‘Cursor’, Anda dapat memilih item di Windows. Kemudian, tekan ‘Enter’ untuk mengaktifkan item. Gabungan, mereka memberi Anda kemampuan yang sama seperti klik kiri atau dua kali pada sesuatu.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Anda juga dapat mengklik kanan menggunakan pintasan keyboard. Jenis tombol ini dapat dilihat pada beberapa keyboard Windows.

Sementara itu, banyak keyboard kontemporer tidak memiliki fitur ini. ‘Shift + F10,’ pintasan umum di Windows, untungnya, melakukan hal yang sama. Dalam program seperti Word atau Excel, ini berfungsi sebagai klik kanan pada apa pun yang disorot atau di mana pun penunjuk berada.

Fitur Aksesibilitas Klik Mouse

Microsoft telah memasukkan beberapa fitur aksesibilitas ke dalam versi Windows yang berbeda untuk membuat sistem operasi Windows lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas.

Tombol mouse adalah salah satu yang paling berguna. Fungsionalitas ini tersedia di Windows versi terbaru, termasuk Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11.

Aksesibilitas-Opsi
  • Untuk memulai, tekan ‘Ctrl’ dan ‘Esc’ untuk membuka menu mulai.
  • Kemudian pilih opsi pengaturan dan pergi ke panel kontrol dengan menekan ‘Enter.’
  • Setelah memasuki panel kontrol, Anda perlu menggunakan Tab dan tombol panah untuk membuka ikon Opsi Aksesibilitas dan tekan ‘Enter’ di bagian akhir.
  • Tekan ‘Alt + M’ untuk mengaktifkan Tombol Mouse dan buat perubahan dengan menekan ‘Alt + A.’
  • Selanjutnya, untuk bergerak di sekitar layar tanpa menggunakan mouse, Anda perlu mengaktifkan ‘Numlock’ yang memungkinkan Anda bergerak menggunakan keypad numerik.
  • Gunakan tombol ‘6’ untuk bergerak ke kanan, tombol ‘4’ untuk bergerak ke kiri, tombol ‘8’ untuk bergerak ke atas dan tombol ‘2’ untuk bergerak ke bawah dari papan angka.
  • Tekan tombol ‘5’ pada keypad numerik untuk membuat satu klik.
  • Tekan simbol plus (+) pada keypad numerik untuk mengklik dua kali.
  • Tekan simbol minus (-) lalu angka ‘5’ untuk melakukan klik kanan.
  • Sampai dan kecuali Anda menekan garis miring (/) yang terdapat pada keypad numerik, tombol ‘5’ akan terus berfungsi sebagai klik kanan, bukan klik standar.

Sebuah alternatif untuk menggunakan mouse untuk setiap Pengguna Mac

Gunakan Tombol Mouse di Mac

MacOS menawarkan fungsi aksesibilitas serupa yang memungkinkan Anda mengontrol kursor dengan pintasan keyboard, mempertahankan cara klik kanan tanpa mouse. Itu tidak beroperasi persis sebaik konsep versi Windows, seperti yang mungkin Anda pikirkan, tetapi masih berfungsi secara efektif.

Saat bekerja di MacOS, Anda perlu menavigasi ke System Preferences > Accessibility > Pointer Controls > Alternate Pointer Methods untuk menemukan Mouse Keys. Selanjutnya, untuk mengaktifkan tombol mouse, pilih opsi pertama. Munculan dengan kata-kata “Tombol Mouse” akan muncul di layar Anda.

Kunci-Mouse-1

Tombol yang ditetapkan untuk memindahkan kursor tidak akan mengetik apa pun setelah fungsi diaktifkan. Anda memerlukan Tombol Mouse OFF untuk mengetik.

Salah satu metode adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi secara manual setiap kali dengan masuk ke System Preferences. Cara kedua (lebih cepat) adalah dengan mencentang kotak di sebelah Tekan tombol ‘Opsi’ lima kali untuk mengaktifkan Tombol Mouse dengan memilih tombol Opsi di sebelah kanan fitur Tombol Mouse.

‘Option-Command-F5’ atau menekan tombol Touch ID tiga kali berturut-turut pada Mac akan mengaktifkan Tombol Mouse dengan cepat. Anda juga dapat menggunakan pintasan papan ketik ini untuk mengeklik kanan pada Macbook dan Papan Ketik Ajaib, karena sering kali tidak memiliki papan angka.

Klik kanan di macOS

Yang disebut “klik alternatif” tidak dikonfigurasi secara default jika Anda menggunakan Mac, seperti yang sudah Anda ketahui. Jadi tidak ada yang terjadi ketika Anda mengklik kanan pada Mac langsung dari kotak.

Di System Preferences, pengaturan ‘Mouse dan Trackpad’, Anda harus mengonfigurasi perilaku klik kanan mouse. Saat Anda mengklik dengan dua jari (pada trackpad) atau di sisi kanan Magic Mouse atau trackpad, klik kanan akan dihasilkan (dengan Magic Mouse).

Untuk menghasilkan klik kanan, Anda harus menggunakan mouse dan keyboard secara default. Cukup klik sambil menahan tombol kontrol.

Seharusnya tidak bingung dengan tombol “Opsi”. Dalam banyak kasus, Anda masih akan menerima menu popup jika Anda menahannya alih-alih menu klik kanan. Misalnya, menahan opsi saat memilih simbol Wi-Fi akan menampilkan opsi Wi-Fi lanjutan.

Mengapa Anda membutuhkan tikus?

Solusi berbasis keyboard ini dapat bermanfaat jika perangkat penunjuk Anda rusak atau Anda merasa mouse sulit digunakan. Bagaimanapun, Anda harus tahu cara mengklik kanan tanpa mouse.

Anda harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat penunjuk bentuk alternatif jika kecacatan Anda mencegah Anda menggunakan mouse untuk mengontrol penunjuk.

Beberapa pengontrol khusus tersedia untuk mereka yang memiliki banyak kesulitan mobilitas—misalnya, kontrol suara atau kamera pelacak mata.

Menggunakan pengontrol permainan umum yang tidak biasa untuk mengontrol kursor mouse Anda dimungkinkan dengan perangkat lunak seperti Keysticks. Sementara penunjuk tetikus masih merupakan komponen kunci dari sebagian besar sistem operasi desktop saat ini, lebih banyak opsi tersedia.

Mengapa Anda harus menggunakan pintasan keyboard?

Kegagalan perangkat keras

Ketika mouse Anda memutuskan untuk berhenti menggunakan Anda, itu adalah salah satu hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Di lain waktu, masalahnya ada pada trackpad.

Keyboard adalah cadangan yang sangat baik karena kursor mouse diperlukan saat menggunakan komputer. Mengetahui cara memicu penunjuk tetikus menggunakan papan ketik, tombol panah, dan papan tombol angka berguna bila ada masalah dengan perangkat penunjuk.

Aksesibilitas

Dalam beberapa kasus, orang yang kesulitan mengoperasikan mouse dapat menggunakan keyboard. Dalam situasi ini, penting untuk beralih ke penguasaan pintasan keyboard sebagai metode alternatif navigasi komputer.

Alur Kerja Lebih Profesional

It’s great bahwa beberapa individu merasa lebih nyaman menggunakan komputer tanpa mouse. Anda dapat terus bekerja bahkan jika Anda cukup mengklik dua kali.

Kesimpulan

Navigasi komputer melalui keyboard menjadi lebih populer karena dapat diakses dan meningkatkan produktivitas. Keyboard adalah pilihan terbaik dalam jangka panjang, meskipun Anda dapat menggunakan mouse di rumah untuk waktu yang singkat.

Artikel ini memberi Anda berbagai metode untuk mengklik kanan tanpa mouse, yang akan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Sekarang, periksa keyboard game ini untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan