Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Buka MBKM Pusaka Batch 2, Tani Center IPB Gelar Stadium Generale

  • Bagikan
Buka MBKM Pusaka Batch 2, Tani Center IPB Gelar Stadium Generale

Tani Center IPB University menjadi tuan rumah Stadion Generale.

News Schmu, JAKARTA — Tani Center IPB University bekerjasama dengan Gerakan Petani Nusantara (GPN) menyelenggarakan Stadion Umum yang merupakan kuliah perdana dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kampus Sawah Merdeka (PUSAKA) Batch 2 (3/ 10). Stadion Umum yang bertemakan “Produksi dan Penanganan Benih Beras Berkualitas” ini juga menjadi agenda pembuka MBKM PUSAKA Batch 2.

Tri Budiarto, S.KPm., M.Si., selaku Ketua Pelaksana MBKM PUSAKA Batch 2 membuka kegiatan ini dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Pembantu Rektor IPB University dan Kedaireka yang telah mendukung kegiatan ini. Selain itu, ia juga menyampaikan harapannya kepada para peserta untuk berkontribusi di bidang pertanian melalui kegiatan ini.

“Program ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang teknik produksi benih, sehingga mahasiswa dapat memberikan kemudahan kepada petani di lapangan,” ujar Tri Budiarto.

Ketua Gerakan Tani Nusantara (GPN), Prof. Dr. Ir. Suryo Wiyono M.Sc.Agr., memberikan kata sambutan pada acara ini dan menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengajak mahasiswa untuk memajukan kejayaan dan kesejahteraan petani di Indonesia.

Dilanjutkan dengan Prof. dr. Ir. Hermanu Triwidodo, MSc., selaku Kepala Pusat Pertanian IPB University yang berharap program ini dapat berkembang dengan baik, untuk itu beliau dapat terus mendukung program-program yang dimiliki pemerintah khususnya di bidang pertanian. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini dapat mendorong para peserta untuk berkontribusi langsung kepada para petani.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk belajar bersama petani, sehingga bisa mencintai pertanian dan masyarakat pedesaan,” ujar Kepala Balai Pertanian IPB.

Narasumber yang hadir di General Stadium adalah Ir. Yayat Hidayat, selaku Koordinator Pengembangan dan Distribusi Benih pada Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Beliau memberikan informasi mengenai program dan kegiatan yang dimiliki oleh Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2022 yang berfokus pada regulasi perbenihan, peningkatan kompetisi sumber daya manusia perbenihan, produksi dan distribusi benih, sertifikasi dan pengawasan benih, serta pembenihan sistem informasi. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang Program Pengembangan Petani Penghasil Benih (P3BTP) milik Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Program P3BTP ini bertujuan untuk menyediakan benih in-situ untuk meningkatkan kapasitas pemuliaan benih di tingkat kabupaten atau provinsi, sehingga dapat dihasilkan benih yang baik,” kata Yayat Hidayat.

Koordinator Pengembangan dan Distribusi Benih juga menyampaikan bahwa MBKM PUSAKA Batch 2 diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta untuk melakukan pengembangan benih khususnya di kabupaten masing-masing dibidang pertanian.

Stadium General dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh 115 peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Acara ini mendapat antusias yang tinggi dari para peserta, baik saat penyampaian materi, diskusi, maupun tanya jawab. Stadium General ditutup dengan sesi foto bersama antara Tani Center IPB University, Gerakan Petani Nusantara (GPN), narasumber, dan peserta MBKM PUSAKA Batch 2.


Sumber:
Republika Online

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan