Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Bimawa UAD Gelar Seminar Nasional Layanan Konseling Sebaya

  • Bagikan
Bimawa UAD Gelar Seminar Nasional Layanan Konseling Sebaya

Seminar Nasional Layanan Konseling Sebaya dalam Pengembangan Mahasiswa oleh Bimawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Bimawa UAD)

Unit Konseling Mahasiswa Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Seminar Nasional Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi pada Minggu, 23 Oktober 2022. Bertempat di Amphitarium Gedung Utama Kampus IV UAD, acara diikuti oleh mahasiswa UAD dan disiarkan juga secara langsung melalui kanal YouTube UAD.

Kegiatan ini mengusung tema “Layanan Bimbingan Konseling Sebaya dalam Pengembangan Mahasiswa Tangguh”. Turut hadir sebagai pembicara yaitu Caraka Putra Bhakti, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan Bimawa UAD, Dr. Suwarjo, M.Si. selaku dosen Universitas Negeri Yogyakarta, Mulawarman, Ph.D. selaku dosen Universitas Negeri Semarang, serta Dr. Dody Hartanto, M.Pd. selaku Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

Acara dibuka dengan sambutan dari Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. selaku Kepala Bimawa UAD. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa tentu memiliki problematika masing-masing dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. “Belakangan ini, banyak kasus yang berkaitan dengan kesehatan mental. Dalam hal itu, teman sebaya diperlukan sebagai media diskusi untuk saling berbagi cerita,” papar Fajri.

Lebih lanjut, alasan konseling sebaya diperlukan, termasuk di perguruan tinggi, adalah karena ketika individu sesama anak muda punya pengalaman berhasil membantu teman, maka ia akan merasa lebih kuat dan berguna. Hasil riset juga menunjukkan bahwa konseling sebaya memberikan dampak signifikan tidak hanya pada sesama anak muda, tetapi juga orang-orang tua.

Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang sedang bertumbuh dengan kompleksitas masalah yang tinggi. Layanan konseling sebaya hadir sebagai wadah untuk membantu mereka bertumbuh, mempercepat waktu sukses, serta sehat secara jasmani dan rohani. (tsa/dik)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan