Biaya Kuliah UNJ Dan Seleksi Jalur Mandiri, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

News.schmu.id, Pendidikan: Biaya Kuliah UNJ Seleksi Jalur Mandiri, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) resmi membuka seleksi mandiri atau Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) hari ini, Senin (17/5/2021). Seleksi ini diperuntukkan bagi program S1 dan D3.

Biaya Kuliah UNJ Dan Seleksi Jalur Mandiri

Biaya Kuliah UNJ Dan Seleksi Jalur Mandiri

Sementara itu, pendaftaran seleksi mandiri UNJ dibuka hingga 2 Juli 2021. Peserta yang memilih ujian program Saintek dan Soshum akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu.

Untuk biaya pendaftaran program Mixed dipatok Rp 450 ribu. Sedangkan biaya ujian keterampilan Rp 300 ribu per pilihan studi.

Biaya Kuliah Universitas Negeri Jakarta

Pembayaran SPP UNJ UKT akan dilakukan satu kali setiap awal semester sampai Anda menyelesaikan kuliah dengan nominal yang sama SPP UNJ UKT.

Misal, jika di awal semester 1 Anda membayar uang sekolah UKT UNJ sebesar Rp3.000.000, maka pada semester berikutnya biaya sekolah UKT UNJ yang harus Anda bayarkan juga sebesar Rp3.000.000.

Jika nantinya Anda merasa nominal SPP UNJ UKT yang harus Anda bayarkan terlalu besar, maka Anda juga bisa mengajukan pengurangan SPP UNJ UKT dengan mengikuti sejumlah prosedur yang sudah dibuat oleh UNJ atau Jakarta. Universitas Negeri.

Untuk informasi lebih detail mengenai biaya kuliah UKT UNJ bisa bertanya langsung di bagian administrasi keuangan UNJ (Universitas Negeri Jakarta).

Jika Anda mendapatkan bidikmisi, maka biaya kuliah UKT UNJ Anda akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah sehingga Anda juga dapat belajar secara gratis. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan uang jajan setiap bulan dari program Bidikmisi.

Perlu diketahui bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Negeri Jakarta terbagi dalam 8 kelompok.

  1. Untuk kelompok, SPP UNJ UKT terendah ada pada kelompok I dengan nominal fee Rp 500.000, -.
  2. Sedangkan untuk kelompok, SPP UNJ UKT tertinggi ada pada kelompok VIII dengan nominal Rp 6.200.000-Rp 10.300.000.

* Biaya diatas merupakan biaya tahun 2020 yang dapat dijadikan referensi. Jika fee 2021 sudah dipublikasikan maka akan diupdate nanti.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai biaya pendidikan yang harus Anda keluarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru UNJ (Universitas Negeri Jakarta) tahun ajaran 2021/2022.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website resmin unj.ac.id

Seleksi Mandiri UNJ

Persyaratan Daftar Seleksi Independen UNJ

1. Pelajar SMA atau lulusan sederajat pada tahun 2021, 2020, atau 2019.
2. Sudah memiliki ijazah / Surat Keterangan Lulus.
3. Memiliki kesehatan yang memadai agar tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran pada program studi yang dipilih.
4. Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA atau Rumpun Ilmu Teknik harus dari SMA IPA atau SMK jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Brawijaya 2021

Cara Daftar Seleksi Mandiri UNJ

1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yg benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran Penmaba ini.

2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Dan simpan pilihan.

4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada “Jadwal dan Cara Pembayaran”).

5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.

6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).

7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.

8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

9. Isi data diri, orang tua dan sekolah. Isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor. Bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan

10. Mencetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ.

Baca juga: Biaya Kuliah ITS Jalur Mandiri 2021, Ini Besaran dan Persyaratannya

Semoga bermanfaat bagi calon Mahasiswa UNJ.

 

Terkini