Beasiswa Kuliah LPDP S1 Kedokteran, Simak Infonya

News.schmu.id, Info Beasiswa : Beasiswa Kuliah Lpdp. Melalui Program LPDP Bidang kedokteran adalah jurusan kuliah yang tidak sedikit diambil dari sebagian dari kita. Menjadi dokter seolah merupakan cita-cita banyak orang sejak kecil.

Pengalaman dan ilmu yang didapatkan dari pendidikan bidang kedokteran sangat banyak dan luas. Lamanya masa pendidikan bidang ini membuat biaya masa pembelajaran tidak sedikit.

Bahkan kedokteran masuk dalam jajaran bidang studi dengan biaya kuliah tertinggi. Maka tidak heran kalau banyak pihak yang mengadakan program beasiswa kedokteran yang memang memiliki tujuan utama untuk melahirkan dokter-dokter hebat Indonesia.

Baca Juga : 5 Beasiswa Kuliah Di Australia Fully Funded, Ada Incaranmu?

Beasiswa Kuliah Program LPDP

Selain itu kebanyakan memang memberi bantuan biaya agar para lulusan S1 kedokteran dapat melanjutkan pembelajaran sampai ke tingkat lebih khusus yaitu dokter spesialis.

Ya, seperti yang kita ketahui bersama kalau para dokter untuk menjadi dokter spesialis harus menempuh pendidikan lanjut setelah pendidikan kedokteran umum.

Universitas yang Menawarkan Program Beasiswa

  1. Universita Gajah Mada.
  2. Universita Padjajaran
  3. Universitas Pelita Harapan

Beasiswa LPDP Bidang Kedokteran

Biasanya di berbagai universitas memiliki dua program beasiswa yang berupa beasiswa langsung dari universitas itu sendiri dan beasiswa yang disalurkan melalui universitas terbut dari lembaga lainnya.

Untuk bidang kedokteran, ada program LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang rutin memberi beasiswa untuk segala bidang studi termasuk kedokteran. Beasiswa ini berasal dari pemerintah dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan standar pendidikan Indonesia.

Beasiswa kedokteran dalam program LPDP berupa PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis). Ya, program beasiswa LPDP ini fokus untuk membantu para lulusan kedokteran S1 (dokter umum) untuk menjadi dokter spesialis.

Baca Juga : Program Beasiswa Kuliah Kemendikbud untuk Dosen Vokasi, Cek Syaratnya

Syarat dan Ketentuan Dalam Beasiswa Kedokteran

Untuk mengikuti seleksi program LPDP, ada sejumlah persyaratan dan ketentuan umum yang harus dipenuhi. Syarat dan ketentuan tersebut terdiri dari:

  1. Memiliki badan yang sehat, bebas dari obat-obatan terlarang, dan bebas TBC (khusus untuk pengaju beasiswa luar negeri).
  2. Peserta harus melampirkan surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit, pemerintah, puskesmas, atau juga klinik dengan masa berlaku paling lama sekitar 6 bulan terakhir.
  3. Mendapatkan keterangan rekomendasi dari tokoh-tokoh dalam masyarakat atau atasan.
  4. Mempunyai dan memilih bidang yang sesuai atau sama dalam program LPDP.
  5. Memilih sasaran bidang studi dan perguruan tinggi sesuai ketentuan dari LPDP.
  6. Mendatangi surat pernyataan.
  7. Memenuhi batas usia peserta beasiswa kedokteran LPDP.
  8. Tidak sedang menempuh pendidikan tingkat degree dan telah menyelesaikan program sarjana atau sarjana terapan.
  9. Mempunyai IPK minimal 3,0-3,25. (Biasanya LPDP lebih memprioritaskan mereka yang memiliki IPK di atas 3,0)
  10. Mempunyai sertifikat IELTS atau ETS, TOEFL, dan TOAFL.
  11. Melakukan pendaftaran dengan bahasa yang diakui PBB sebagai bahasa Internasional khususnya untuk yang mendaftar program beasiswa luar negeri.
  12. Wajib telah menyelesaikan program studi sesuai LoA Unconditional.
  13. Mengemukakan rencana studi (tertulis) sesuai bidang studi ke pada tujuan perguruan tinggi.
  14. Menulis 2 esai dengan tema yang telah ditentukan.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Kinobi 2022 jenjang D3 – S1

Biaya-Biaya yang Ditanggung Dalam Program Beasiswa LPDP

Ada dua macam biaya yang ditanggung dalam program beasiswa dari LPDP. Kedua macam biaya tersebut terdiri dari:

a.) Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di sini berupa biaya pendaftaran/registrasi, SPP, biaya buku, penelitian tesis, riset, seminar internasional, dan publikasi jurnal internasional.

b.) Biaya Pendukung

Biaya berikutnya yang ditanggung dalam beasiswa kedokteran PPDS melalui LPDP berupa biaya transportasi, asuransi, visa, biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga, settlement allowance, dan biaya untuk keadaan darurat yang telah disetujui terlebih dahulu oleh pihak LPDP.

Program beasiswa yang ditawarkan LPDP rutin diadakan dua kali dalam setahun untuk masa pembelajaran di tahun berikutnya. Keduanya adalah program beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan lakukan pendaftaran melalui situs http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

Terkini