Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah 2022, Ini Daftarnya

News.schmu.id, Info Beasiswa : Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah 2022. Saat ini, latar belakang ekonomi bukan lagi alasan untuk tidak melanjutkan kuliah. Ada banyak institusi di Indonesia yang memberikan penawaran bantuan pendidikan bagi Anda yang memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikan

Berikut sejumlah beasiswa untuk jenjang S1-S2 yang membuka pendaftaran Pada tahun 2022, mengutip laman platform bimbingan Beasiswa, Beasiswapascasarjana.com

Baca Juga: Kuliah Di Jepang Beasiswa Mitsui Bussan 2022

Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah 2022

1. Beasiswa PPA dan BPP-PPA

Beasiswa PPA adalah bantuan kuliah dari Kementerian Ristek Dikti yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif jenjang S1/DIV atau D3 yang saat ini berada minimal semester II.

Selain itu, Beasiswa PPA dan BPP PPA menyasar mahasiswa-mahasiswa di berbagai daerah, terutama yang tengah kuliah dan berprestasi, baik jenjang sarjana (S1) maupun diploma (DIV/D3).

Persyaratan Umum

  1. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
  2. Diploma III, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
  3. Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d. XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala/Sekolah).

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;
  2. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) pada tingkat Nasional maupun Internasional.
  3. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;
  4. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  5. Fotokopi kartu keluarga.

2. Beasiswa APERTI BUMN

Program beasiswa APERTI BUMN menyediakan beasiswa jenjang S1 dan diploma ini disediakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang terdiri 9 kampus atau perguruan tinggi.

Ke delapan perguruan tinggi tersebut adalah Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Insitute), dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Persyaratan

  1. Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2020 dan 2021.
  2. Melampirkan Nilai Rapor Semester 1 s/d 5
  3. Melampirkan sertifikat prestasi jika ada
  4. Berkas pendaftaran diunggah secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih
  5. Peserta hanya boleh memilih 1 tujuan perguruan tinggi

Baca Juga: Cara Kuliah Di Korea Selatan Tanpa Beasiswa, Yuk Simak!

3. Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali membuka program beasiswa umum, afirmasi, dan targeted. Dengan sejumlah dokumen umum yang dipersyaratkan ialah:

  1. KTP
  2. Ijazah S1/S2
  3. SKL Transkrip nilai S1/S2
  4. Sertifikat bahasa asing
  5. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi dan prodi yang dipilih
  6. Surat Pernyataan sesuai format LPDP
  7. Surat rekomendasi dari akademisi/atasan di tempat kerja
  8. dan Surat izin mengikuti seleksi dari perusahaan/instansi (bagi yang sudah bekerja).

Terkini