Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Apakah Pada Hari Kiamat Manusia Dalam Keadaan Tanpa Busana? Seperti Ini Kondisi Sebenarnya

  • Bagikan
Apakah Pada Hari Kiamat Manusia Dalam Keadaan Tanpa Busana? Seperti Ini Kondisi Sebenarnya
Ilustrasi Hari Kiamat.

News.schmu.id, EduPedia Islam :: Apakah Pada Hari Kiamat Manusia Dalam Keadaan Tanpa Busana?. Dunia ini akan mengalami akhir dunia yaitu pada hari kiamat. Pada saat itu, segala sesuatu di bumi ini akan hancur dan pasti akan binasa.

Tidak ada yang tahu kapan kiamat akan muncul, namun beberapa kalangan telah menyatakan bahwa tanda-tandanya mulai terlihat. Dalam pandangan Islam ada beberapa tanda kiamat seperti terbitnya matahari dari barat, Yakjuj Makjuj, Dajjal, dan sebagainya.

Ketika makhluk dibangkitkan dari kubur, mereka akan berdiri tegak di tempatnya. Makhluk-makhluk itu akan dibangkitkan pada hari kiamat selama 40 tahun, tanpa makan, minum, tanpa duduk dan tanpa berbicara.

Apakah Pada Hari Kiamat Manusia Dalam Keadaan Tanpa Busana?

Sampai-sampai ada seseorang bertanya kepada Rasulullah,” Ya Rasulullah dengan apa engkau mengetahui umatmu pada hari pembalasan?,”. Rasulullah pun menjawab: “Sesungguhnya umatku pada hari kiamat putih cemerlang pada bekas-bekas wudhunya”.

Ada sebuah kabar mengatakan, apabila terjadi hari kiamat maka Allah akan membangkitkan makhluk dari kubur mereka masing-masing. Maka datanglah malaikat kaum mukminin, diusapnya kepala mereka dari debu dan dikibaskan debu dari mereka selain tempat sujud mereka.

Tempat-tempat itu diusap oleh para malaikat, namun debu itu tak mau hilang juga dari mereka. Dikisahkan bahwa Rasulullah bersabda: “Manusia akan dihimpun pada hari kiamat, sebagaimana mereka dilahirkan ibu mereka yang tidak beralas kaki dan telanjang”.

Sayyidah Aisyah bertanya kepada Rasulullah, apakah yang demikian itu adalah lelaki dan perempuan, lalu Rasulullah mengiyakan. Kembali Sayyidah Aisyah berkata: “Oh betapa malunya, sebagian dari mereka melihat kepada yang lain”.

Berdiri Selama 40 Tahun

Kemudian Rasulullah menepukkan kedua tangannya di pundak Sayyidah Aisyah seraya berkata. Hai putri dari anak Abu Quhafah, manusia pada hari itu terlalu sibuk untuk saling melihat, sedang mata mereka menatap ke langit .

Mereka berdiri selama 40 tahun tanpa makan dan minum, diantara mereka ada yang keringatnya mencapai telapak kaki. Adapula yang keringat mencapai perutnya, dan adapula yang mencapai dadanya, keringat itu terjadi karena lamanya mereka berdiri.

Kembali Sayyidah Aisyah bertanya ” Ya Rasulullah, adakah dari mereka yang dihimpun dalam keadaan berpakaian?”.

Rasulullah menjawab: “Para nabi dan keluarga meraka, juga orang-orang yang berpuasa di bulan Rajab, sya’ban dan Ramadhan dengan penuh kesetiaan”.

Semua orang pada hari itu kelaparan, selain para Nabi dan keluarga mereka serta mereka yang berpuasa dibulan Rajab dan Sya’ban. Mereka adalah orang-orang yang kenyang, tidak mengalami lapar maupun mengalami haus.

Demikianlah penjelasan singkat terkait kondisi manusia ketika hari kiamat.

Wallahualam

Baca Juga : Diciptakan Selama 3000 Tahun, Inilah Gambaran Mengerikan Neraka Jahanam

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan