oleh

Apa Negara Tertua di Dunia? Sudah ada Sejak Ribuan Tahun Sebelum Masehi

News.schmu.id, EduPedia : Apa Negara Tertua di Dunia? Sudah ada Sejak Ribuan Tahun Sebelum Masehi. Lima negara tertua di dunia diketahui sudah ada sejak ribuan tahun SM. Para ilmuwan memperkirakan peradaban paling awal sudah berlangsung sejak tahun 6000 SM. Menelisik negara tertua dapat dilihat berdasarkan sejarah peradaban dan terbentuknya sistem pemerintahan yang terorganisir.

Berdasarkan sejarah peradaban, negara tertua diketahui sudah ada sejak 6000 SM. Sementara itu, berdasarkan terbentuknya sistem pemerintahan, negara diketahui baru muncul pada 3200 SM.

Negara Tertua di Dunia

Berikut lima negara tertua di dunia yang sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi dilihat dari sejarah peradaban manusia pada saat itu:

1. Mesir (6000 SM)

Peradaban tertua di dunia adalah Mesir kuno. Dilansir dari Oldest, sekelompok manusia yang berburu dan meramu diketahui tinggal di Lembah Sungai Nil pada 6000 SM. Baru pada tahun 3100 SM, dinasti pertama Mesir mulai berdiri. Dinasti Mesir pada saat itu dipimpin oleh raja Narmer. Di bawah kepemimpinannya, Namer mampu membangun kendali atas seluruh lalu lintas di Sungai Nil. Dia mendirikan ibu kota di Memphis, sebuah kota dekat Kairo modern.

Baca Juga: Ini 5 Negara Paling Sepi di Dunia, Apa Saja?

2. India (3300 SM)

Negara tertua selanjutnya adalah India dengan dimulainya peradaban Lembah Indus. Orang-orang telah tinggal di wilayah tersebut sejak sekitar 3300 SM. Meskipun peradaban telah terbentuk pada waktu itu, namun bangsa India sepenuhnya terbentuk saat periode Veda, sekitar 1500-600 SM.

Peradaban Veda meletakkan dasar Hindu dengan teks Veda kuno serta beberapa aspek budaya dari anak benua India yang masih ada sampai sekarang. Kerajaan pertama diketahui berdiri pada tahun 1200 SM dan berlangsung hingga akhir periode Veda.

3. Afghanistan (3000 SM)

Masuknya Afghanistan dalam daftar negara tertua di dunia ditandai dengan masuknya peradaban Lembah Indus. Peradaban tersebut diyakini telah memiliki koloni di Afghanistan pada awal 3000 SM. Mereka mendirikan salah satu kota pertama di dunia, Mundigak, yang terletak di dekat Kandahar modern.

Keberadaan peradaban tersebut didukung oleh penemuan bukti dari para arkeolog. Seiring berjalannya waktu, orang-orang semi-nomaden yang datang dari Asia Tengah mulai menetap di Afghanistan dan membawa budaya mereka. Agama Buddha mulai berkembang di negara tersebut selama abad ke-1 SM hingga abad ke-3.

4. China (2070 SM)

Dinasti China pertama, Xia, ditemukan pada 2070 SM. Dinasti tersebut berlangsung sejak 2070 SM hingga 1600 SM. Para sejarawan tidak menemukan catatan dari Dinasti Xia. Sejarah tertulis baru dimulai pada Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM).

Informasi mengenai keberadaan Dinasti Xia diperoleh dari buku-buku catatan sejarah seperti Bamboo Annals, the Classic of History, dan the Records of the Grand Historian. Dinasti China sendiri berlangsung hingga Dinasti Qing tahun 1912 sebelum akhirnya memulai peradaban modern, Republik Rakyat China.

Baca Juga: 10 Negara Terbersih dari Praktik Korupsi, Indonesia Peringkat Berapa?

5. Georgia (1500 SM)

Negara yang sudah ada sejak ribuan tahun SM lainnya adalah Georgia. Peradaban di negara tersebut dimulai pada 1500 SM saat periode Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia. Kedua kerajaan tersebut memegang peranan penting selama zaman Perunggu Eurasia. Keberadaan Kerajaan Colchis sering disebut-sebut dalam mitologi Yunani, tepatnya dalam kisah Bulu Domba Emas.

Sementara itu, menurut tanggal terbentuknya sistem pemerintahan yang terorganisir seperti yang dipublikasikan dalam data World Population Review 2021, negara tertua di dunia adalah Iran (3200 SM) kemudian disusul oleh Mesir (3100 SM) dan Vietnam (2879 SM).

Source: detik.com

Komentar

News Feed