Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

Analisis Lingkungan, Kunci Sebuah Organisasi Mencapai Tujuan

  • Bagikan
Analisis Lingkungan, Kunci Sebuah Organisasi Mencapai Tujuan

apt. Hendy Ristiono, S.Far. pemateri Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) se-DIY 2022 oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Bimawa UAD)

Sebuah organisasi dikatakan baik jika memiliki tujuan. Sebab, sebuah tujuan akan mengarahkan seluruh struktur anggota di dalamnya pada arah gerak yang jelas dan mengetahui strategi yang harus dilakukan. Salah satu cara agar tujuan organisasi dapat tercapai adalah dengan melakukan analisis lingkungan.

Latar belakang itulah yang mendasari kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Dasar bagi Ormawa se-D.I. Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Acara itu berlangsung pada Jumat dan Sabtu, 21–22 Oktober 2022 di Kampus II Unit B UAD dan Wisma Sargede.

Hadir sebagai salah satu pemateri, apt. Hendy Ristiono, S.Far., yang membahas mengenai analisis lingkungan dan perumusan gagasan awal. Dalam pemaparannya, ia mengungkapkan bahwa analisis lingkungan merupakan proses monitoring terhadap lingkungan organisasi.

“Selain membantu organisasi mencapai tujuan, analisis lingkungan juga dapat membantu memprediksi masa depan, mengenali ancaman, mengembangkan strategi respons, serta dapat meningkatkan efektivitas organisasi,” tegasnya.

Lebih lanjut Hendy pun menjelaskan bahwa analisis lingkungan terbagi menjadi dua yaitu analisis lingkungan internal dan eksternal yang dirumuskan ke dalam analisis SWOT meliputi strength (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Ada pula catatan tambahan mengenai faktor internal mencakup kultur atau budaya kampus, tradisi akademik, dan program pendidikan karakter, serta faktor eksternal mencakup kondisi politik dan isu nasional, kondisi sosial, dan peningkatan kompetensi mahasiswa. (eka)

uad.ac.id

UAD Yogjakarta

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan