oleh

Mahasiswa, Ini 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse

News.schmu.id, EduPedia : Mahasiswa, Ini 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse. Setelah 17 tahun berdiri, Facebook Inc akhirnya melakukan perubahan nama. Induk perusahaan yang selama ini menaungi Facebook, WhatsApp, Instagram, resmi berganti nama menjadi “Meta”.

Perubahan nama Facebook Inc ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar Oktober tahun lalu.

Selain itu, nama Meta Inc diambil dari istilah Metaverse. Menurut Mark, Metaverse akan menjadi dunia virtual 3 dimensi yang dapat dimasuki oleh manusia menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality. Bahkan, disebut-sebut berhubungan juga dengan blokchain dan aset kripto.

Prediksinya, di Metaverse manusia akan beraktivitas dan bersosialisasi dengan sesama secara virtual. Teknologi membuat aktivitas dan sosialisasi menjadi tak lagi terbatas oleh jarak dan ruang.

5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse

Melansir platform edukasi Schoters Indonesia, ke depannya dunia Metaverse juga akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Ada sejumlah jenis pekerjaan yang dibutuhkan, apa saja?

Baca Juga:  Tips Susun CV untuk Beasiswa dan Kerja di Luar Negeri

1. Metaverse Cyber Security

Kehidupan di dunia maya juga memerlukan sistem keamanan yang melindungi para pengguna, termasuk perusahaan. Inilah mengapa profesi Cyber Security kian dibutuhkan di masa mendatang.  Kamu akan menyusun cara untuk blokir serangan secara real-time.

Serta memastikan bahwa undang-undang dan protokol keamanan bagi dunia maya bisa dipertimbangkan, ditingkatkan, maupun diciptakan. Karena Metaverse akan menjadi dunia internet yang sangat luas dan tak terbatas, serangan cyber hingga penipuan berpotensi banyak terjadi. Sehingga dibutuhkan tenaga kerja sebagai Cyber Security.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Cyber Security
  • Information Technology Law

2. Construction engineers

Sama seperti dunia nyata yang memerlukan profesi konstruksi untuk merancang dan membangun bangunan, Metaverse juga membutuhkannya. Profesi ini akan menyusun pola dunia Metaverse dari desain, bentuk dan proses pembuatan hingga penyelesaian.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Graphic Design/ Communication Design
  • 3D Design/ Animation

Baca Juga: PTM Terbatas 2022 100 Persen: Maksimal 6 Jam & Ortu Sudah Tidak Bisa Memilih

3. Metaverse Planner

Dalam membuat Metaverse perlu kemampuan untuk merancang strategi dan segala penggunaan yang ada untuk kemudian diimplementasikan ke dalam dunia virtual. Jadi, profesi ini bertanggung jawab dalam menentukan hak-hak yang tepat untuk dilakukan dalam dunia digital yang akan terus berkembang.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Software Engineering
  • Digital Business/ Digital Marketing

4. Metaverse Storyteller

Konsep dunia digital Metaverse memerlukan pengalaman realitas yang diperluas untuk memiliki alur cerita yang hebat untuk dipelajari. Profesi ini akan bertanggung jawab untuk merancang pencarian mendalam bagi pengguna dalam menjelajah Metaverse, skenario pelatihan, peluang pemasaran dan lainnya.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Literature/ English Language

5. Fashion Designers

Virtual Reality Mirip saat bermain game online, Metaverse akan ada avatar-avatar yang mewakili setiap pengguna. Sehingga profesi yang satu ini juga dibutuhkan. Profesi ini bertanggung jawab dalam mengembangkan pakaian dan aksesori unik untuk tiap avatar pengguna.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Virtual Reality
  • Fashion Design

Itulah 5 jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan di era metaverse yang perlu diketahui oleh mahasiswa.

Source: kompas.com

Komentar

News Feed