oleh

4 Politeknik Terbaik Versi Webometric, Biaya Kuliah Terjangkau

News.schmu.id, Pendidikan : 4 Politeknik Terbaik Versi Webometric, Biaya Kuliah Terjangkau. Ingin mencoba kuliah di Politeknik? Namun bingung politeknik mana yang bagus untukmu? Jangan khawatir. Kamu bisa mengandalkan data dari Webometric Ranking of World Universities yang kembali merilis peringkat politeknik (poltek) terbaik.

Pemeringkatan itu didasarkan pada laman masing-masing universitas. Pemeringkatan poltek terbaik bertujuan untuk mempromosikan keterbukaan akses terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh masing-masing poltek.

Melansir dari laman resmi webometrics, terdapat sejumlah indikator untuk mendapatkan peringkat tersebut yaitu:

  1. Visibilitas yaitu jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke dalam web institusi.
  2. Aspek impact yaitu banyaknya backlink dari situs luar.
  3. Publikasi artikel ilmiah dari karya civitas akademika.

Baca Juga:Cara Memilih Prodi S1 dan D4 Sekaligus di SNMPTN 2022

4 Politeknik Terbaik Versi Webometric

Melansir dari Instagram Dikti Vokasi, dari data Webometric tersebut, ada 4 Politeknik yang juga memiliki biaya kuliah dengan harga terjangkau. Apa saja?

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Kampus ini berhasil menduduki peringkat ke 25 versi Webometrics. Kampus ini sendiri memiliki 19 program studi yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Untuk biaya uang kuliah tunggal (UKT) dimulai dari Rp 4,5 juta – Rp 6,5 juta untuk prodi D3. Lalu, biaya UKT Rp 5,5 juta – Rp 7,5 juta untuk prodi D4-nya. Informasi lengkapnya dapat dilihat di situs https://www.pens.ac.id/.

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)

PNL masuk ke dalam 100 besar kampus terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat ke 62 dan peringkat kedua poltek terbaik di Indonesia. Selain itu, UKT di PNL ini berkisar Rp 2 jutaan untuk jurusan teknik. Sedangkan untuk jurusan tata niaga berkisar Rp 1-2 juta. Informasi lengkapnya dapat dilihat di situs http://pmb.pnl.ac.id/

3. Politeknik Negeri Ujung Pandang (Poli UPG)

Berlokasi di Makassar, kampus ini menduduki peringkat 81 versi Webometrics 2021. Kampus ini mempunyai 6 prodi yaitu teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, administrasi niaga, dan akuntasi.

UKT untuk tiap prodi memiliki nominal yang sama yaitu Rp 4 juta per semester. Informasi lengkapnya dapat dilihat di situs https://www.poliupg.ac.id/.

Baca Juga:  Ini 7 Aplikasi Presentasi Terbaik untuk Mahasiswa, Wajib Coba

4. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Polinema ini masuk ke dalam 100 besar kampus terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat ke 62. Polinema ini memiliki 7 jurusan untuk prodi D3 dan D4.

Selain itu, memiliki biaya kuliah di bawah Rp 6,5 juta kecuali untuk kelas internasional dan double degree di China dan Malaysia. Informasi lengkapnya dapat dilihat di situs https://www.polinema.ac.id/.

Itulah 4 Politeknik terbaik versi webometric dengan biaya kuliah atau UKT terjangkau.

Source: kompas.com

Komentar

News Feed